Pemkab Magelang Mulai Vaksinasi Kepada Ibu Hamil Dan Disabilitas

BNews–MAGELANG– Pemkab Magelang mulai melaksanakan vaksinasi kepada kelompok rentan katagori ibu hami dan penyandang disabilitas (30/8/2021). Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, acara dimulai di Pendopo Lapangan Drh. Soepardi Sawitan dan serentak di 11 Puskesmas di Kabupaten Magelang.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Magelang, Sri Wahyuningsih melaporkan bahwa, tujuan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat rentan dalam hal ini kelompok ibu hamil dan penyandang disabilitas adalah sebagai upaya meminimalkan resiko terjadinya infeksi Covid-19 pada kedua kelompok  tersebut.

Menurutnya, Ibu hamil yang sudah mendapatkan vaksinasi maka akan mengurangi kemungkinan terjadinya perburukan dan kemungkinan perawatan intensif. Sedangkan pemberian vaksinasi pada penyandang disabilitas adalah untuk memberikan pelayanan yang inklusif dan proaktif sebagai upaya menjamin akses perlindungan kesehatan terhadap paparan Covid-19.

Untuk diketahui, jumlah sasaran total vaksinasi Kabupaten Magelang adalah sebanyak 1.029.210 orang. Yang terdiri dari, sasaran SDMK sebanyak 2.762 orang, Lansia  141.361 orang, petugas public 92.707 orang, remaja 118.328 orang. Dan untuk masyarakat rentan dan masyarakat umum sebanyak 674.052 orang.

“Sasaran riil vaksinasi Covid-19 dosis 1 pada kelompok sasaran ibu hamil adalah sebanyak 4.769 orang, sedangkan target sampai dengan awal September sebanyak 2674 orang. Sementara sasaran riil pada kelompok disabilitas adalah sebanyak 9.902 sasaran; sedangkan target vaksinasi pada disabilitas sampai dengan 1 September 2021 adalah sejumlah 2.674 sasaran,” katanya.

Sri Wahyuningsih menyebutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada hari ini di lapangan drh Soepardi sebanyak 40 orang. Mereka terdiri dari ibu hamil sebanyak 10 orang dan 10 orang pendampingnya dengan vaksin Sinovac dan dilaksanakan Tim Vaksinator Puskesmas Borobudur.

Untuk penyandang disabilitas sebanyak 12 orang dan pendamping 8 orang dengan vaksinator dari Puskesmas Mungkid.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin mengatakan ikut mendukung program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Yakni untuk masyarakat rentan terutama bagi ibu hamil dan disabilitas.

“Kami siap mendukung para kader kami (kader Posyandu) untuk menggerakkan massa/sasaran, sehingga apa yang menjadi target vaksinasi di tingkat Kabupaten Magelang bisa cepat tercapai,” kata Christanti.

Pada kesempatan yang sama, Christanti juga menghimbau kepada kelompok ibu hamil dan penyandang disabilitas dan masyarakat pada umumnya untuk jangan ragu; dan takut ikut program vaksinasi. Hal ini karena ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

“Pemerintah sudah sangat mempertimbangkan bahwa vaksin ini aman, halal jadi jangan takut dan jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan,” pungkas. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: