Pemuda Asal Muntilan Sukses Jadi Pengusaha ikan Arwana hingga Tembus Pasar Asia

BNews—MUNTILAN—  Pria kelahiran 1980 ini bisa saja digolongkan pengusaha muda sukses di Kabupaten Magelang. Meski berusia muda, dia sukse membangun bisnis budidaya ikan arwana.

Namanya Fajar Sodiq. Asal Dusun Sorogenen Desa Menayu Kecamatan Muntilan. Rumahnya paling besar diantara rumah-rumah disekitarnya.

Di dalam rumah terdapat area yang cukup luas. Ada puluhan kola mikan arwana yang dibudidayakannya.

Ketekunan dan ketelatenannya membudidayakan ikan arwana cukup sukses. Ikan hasil budidayanya di Muntilan sukses menembus pasar hampir seluruh Indonesia dan Asia.

Sodiq mulai menekuni bisnisnya sejak 2009 silam. Dia membudidayakan ikan arwana berbagai jenis. Mulai silver brazil, red super, arwana Kalimantan dan papua.

Sodiq sendiri selama ini menjual ikan arwananya melalui seorang pengepul di Jakarta. Setiap minggunya dia mentargetkan pnegiriman 15-20 ekor ikan per minggunya.

Harganya tidak main-main. Satu ekor arwana tentu harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Saat ini, meski santer adanya virus corona, dia mengaku tidak mengalami perubahan pengiriman menuju China. Negara tirai bamboo itu memang paling banyak menjadi tujuan ikan arwananya.

Harga jual ikan arwana yang juga ikan air tawar, lanjut Fajar, adalah harga jual yang relatif stabil menguntungkan dibandingkan jenis ikan lainnya. Selain itu ada kepercayaan juga ikan tersebut bakal membawa hoki atau keberuntungan.

Lebih dari itu, permintaan pasar ikan arwana ke kawasan Asia masih terbuka lebar. Harga jual benih ikan arwana saat ini berada pada kisaran Rp18 ribu per ekor yang berukuran 6-7 sentimeter.

“Jika kita sudah punya link (jaringan) ikan arwana bisa dikembangkan karena permintaan juga masih sangat luas,” aku Fajar.

Para peternak budidaya ikan sampai saat ini masih terus melakukan proses pemanenan benih ikan arwana di petak lahan persawahan mereka. Proses panen dilakukan dari dari mulut indukan secara manual, sejak pagi hingga siang hari setiap harinya.

Mereka juga diuntungkan dengan masuknya musim penghujan. Sebab masa penghujan merupakan paling bagus bagi perkembangan ikan yang panjangnya dapat mencapai satu meter itu. Proses tersebut terjadi setelah pada bulan Agustus hingga Desember.

“Iklim sekarang merupakan masa bagus bagi ikan melakukan mijah atau menetaskan telur,” tutur dia. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: