Penampakan Salju di Dataran Tinggi Dieng

BNews—BANJARNEGARA—Penampakan salju di dataran tinggi dieng masih diburu oleh wisatawan di Kawasan Dieng Kabupaten Banjarnegara. Pagi tadi suhu disana masih berada di angka minus 50 C.

Dampaknya, embun es atau embun upas pun mulai menyelimuti kawasan itu. Tak hanya menutupi kawasan obyek wisata, bun upas juga sudah meluas hingga ke lahan pertanian kentang warga.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara, Aryadi Darwanto, mengatakan, munculnya embun es kali ini lebih luas dari sebelumnya. Termasuk ke lahan pertanian kentang.  “Munculnya embun es hari ini lebih luas dari sebelumnya. Sudah sampai ke lahan kentang milik warga,” ujarnya, Sabtu (22/6) seperti dikutip trubus.id.

Embun upas sendiri menurut warga sekitar biasa dipanggil embun beracun. Disebut demikian karena jika embun itu mulai terpapar ke tanaman pertanian, tanaman akan segera layu, mengering dan mati.

Beberapa petani kentang menyirami tanaman agar tanaman kentang tidak layu karena terkena embun es. Sebab jika dibiarkan, tanaman kentang yang terkena embun es langsung layu seiring mencairnya embun es yang berada di daun tanaman kentang. (internet/bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: