Pendakian Gunung Andong Mulai Dibuka, Catat Syarat Ketentuannya

BNews—MAGELANG—Seluruh jalur pendakian Gunung Andong kembali dibuka pada Sabtu (17/10/2020) sore. Setelah sebelumnya, sempat ditutup sementara akibat adanya pandemi Covid-19 sejak Maret lalu.

Pengelola Basecamp Gunung Andong via Sawit, Sutikno, mengatakan pembukaan masih dalam tahap uji coba untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru. Pertama, pihaknya melakukan simulasi, uji coba, kemudian membuka secara resmi dengan protokol kesehatan sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang

“Kalau dibuka secara umum sih belum, tapi kita istilahnya masih uji coba. Jadi kita ada (beberapa) tahapan,” katanya, Minggu (18/10/2020). Dikutip dari TribunTravel.

Kendati jalur pendakian telah dibuka, namun pendaki harus mengetahui beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. ”Misalnya ada pendaki ya kita terima, tapi dengan beberapa syarat dan ketentuan yang sudah kita tetapkan,” ujarnya.

Sutikno menjelaskan, pendaki yang berasal dari Jawa Tengah dan DIY wajib melampirkan surat keterangan sehat saat registrasi. Sementara pendaki dari luar daerah tersebut wajib menyertakan hasil rapid test non reaktif.

”Dalam masa uji coba ini, telah disiapkan beberapa tempat untuk mencuci tangan yang dilengkapi keran dan sabun cuci tangan di basecamp Gunung Andong via Sawit ini,” jelas dia.

Pendaki pun wajib menerapkan sejumlah protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Selain itu, dari pihak pengelola yang berjaga di tempat registrasi juga wajib memakai masker. (*/mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: