Kegiatan PLP Mahasiswa UNIMMA di SD Muhammadiyah Borobudur

BNews-MAGELANG— Akhir bulan Mei tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Magelang menyelanggarakan kegitan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa PGSD UNIMMA semester 2.

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ini bertujuan untuk membangun jati diri calon pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi. Hal ini akan memantapkan kemampuan awal mahasiswa sebagai calon pendidik, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidik.

Kegiatan PLP 1 telah diberi izin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Selain itu, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan oleh Dekan Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Kepala Program Studi PGSD.

Kegiatan PLP 1 ini dibagi menjadi 18 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 6 Mahasiswa. Dan masing-masing kelompok mendapatkan tempat penerjunan yang berbeda-beda.

Salah satu tempat penurjunan kegiatan PLP 1 Universitas Muhammadiyah Magelang ada di SD Muhammadiyah Borobudur. Dimana merupakan tempat penerjunan dari kelompok kami yaitu kelompok 10.

Kelompok tersebut terdiri dari 6 mahasiswa. Antara lain Aditya Putra Pamungkas, Annisa Dian Salsabila, Safitri Aulia Rakhmah, Dedik Setianto, Haifa Nafisha Salma Nuha, dan Izzatun Nisa.

Dengan melalui serangkaian acara Penerjunan Pengenalan Persekolahan (PLP)1 berlangsung dengan khidmat. Dan kegiatan PLP 1 di SD Muhammadiyah Borobudur tersebut telah resmi dimulai pada tanggal 27 Mei 2022.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dimana Tim PLP kami, diserahkan oleh Bapak Arif Wiyat Purnanto, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Dan diterima oleh Bapak Budi Setianto S. Pd I selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Borobudur.

Pengenalan Lapangan Pesekolahan (PLP) 1 tahun 2022 bagi mahasisswa angkatan 2021 memprogamkan SKS pada semester 2. Program PLP 1 tahun 2022 ini berbeda dengan PLP 1 di tahun-tahun sebelumnya.

Perbedaan dengan tahun sebelumnya yakni pada program kegiatan ditahun 2022 terdapat program literasi sedangkan ditahun-tahun sebelumnya tidak ada program literasi. Selain itu, ditahun 2022 ini juga melaksanakan program guru model yang dimana ditahun-tahun sebelumnya tidak melaksanakannya program tersebut.

Pada tim kami kelompok 10, program literasi dikelompokkan menjadi 2 kelompok sesuai dengan tingkatannya. Yaitu mengembangkan program literasi di kelas rendah (kelas 1-3) dan di kelas tinggi (kelas 4-5).

Pada kelas rendah kami mengadakan kegiatan menulis cita-cita dan menyertakan alasan mengapa memilih cita cita tersebut. Sedangkan pada kelas tinggi kami mengadakan kegiatan menggambar poster dengan tema Pancasila.

Kegiatan ini dilakukan secara serentak dikelas masing-masing pada hari sabtu tanggal 11 Juni 2022. Kemudian pada hari jumat tanggal 17 Juni 2022 diadakan pengumuman juara dan pembagian hadiah.

Sebelum penarikan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1, masing-masing kelompok mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan laporan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 dan juga menyelesaikan project profil sekolah. Penarikan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 dilaksanakan pada Tanggal 25 Juni 2022 dengan mengadakan acara pelepasan tim PLP 1 dari Bapak Budi S.Pd I sekalu kepala sekolah SD Muhammadiyah Borobudur kepada Bapak Arif Wiyat Purnanto M.Pd Selaku dosen pembimbing lapangan kelompok 10. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: