Pengaktifan Kembali Bank Sampah Dekoro Asri Bersama Mahasiswa PPMT UNIMMA

BNews-MAGELANG- Sampah adalah produk sisa dari berbagai aktivitas manusia yang dibuang karena sudah tidak dapat digunakan lagi. Jika dibuang sembarangan, sampah, terutama sampah anorganik, dapat menyebabkan masalah pada lingkungan, seperti peningkatan konsentrasi gas rumah kaca.

Salah satu cara untuk mengelola sampah-sampah anorganik adalah dengan mengadakan kegiatan bank sampah. Bank sampah bermanfaat dalam membantu proses pengelolaan sampah serta dapat membantu ekonomi para warga di sekitarnya.

Oleh karena itu, kelompok mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) dari UNIMMA akan melakukan; pengaktifan kembali Bank Sampah Dekoro Asri.

Kelompok PPMT tersebut terdiri dari Maimunah, S. Si., M. Kom. sebagai ketua pelaksana serta anggota-anggotanya; Muhammad Angger Handoyo (Ilmu Hukum), Anisah Dwi Lestari (Ilmu Hukum), Siti Muslimah Sidiqiyah (Ilmu Hukum), Erna Wahyu Sejati (Ilmu Hukum), dan Fitro Praaidinza Muhammad (Teknik Informatika).

Bank Sampah Dekoro Asri adalah bank sampah yang berada di Dusun Dekoro, Desa Banyuwangi, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Bank sampah ini sudah berjalan selama setidaknya lima tahun, tapi sempat mengalami kemacetan selama kurang lebih satu tahun.

Kegiatan pengaktifan kembali Bank Sampah Dekoro Asri dimulai dengan pembentukan organisasi kepengurusan bank sampah baru yang diketuai oleh Ibu Lilik. Dalam kegiatan ini, para pengurus Bank Sampah Dekoro Asri telah sepakat untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan Bank Sampah Dekoro Asri.

Selain itu, dilakukan juga sosialisasi serta penyuluhan mengenai pengelolaan dan pengolahan sampah yang didampingi oleh pendamping Kecamatan Bandongan dari DLH. Ida Linha Rubby Budka, S. Psi., selaku pendamping Kecamatan Bandongan dari DLH, menyampaikan manfaat-manfaat pengelolaan dan pengolahan sampah serta pentingnya bank sampah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Setelah itu, mahasiswa PPMT bekerjasama dengan warga Dusun Dekoro untuk melakukan renovasi bangunan Bank Sampah Dekoro Asri. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemilahan serta penimbangan sampah-sampah dan pelatihan pengolahan sampah bersama para pengurus Bank Sampah Dekoro Asri.

Dalam pelatihan pengolahan sampah tersebut, sampah yang diolah adalah pampers bekas yang diambil gelnya. Gel dari pampers bekas tersebut akan dicampur dengan tanah untuk dimanfaatkan sebagai media tanam.

Kegiatan PPMT ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengolahan dan pemilahan sampah serta dapat menjaga kebersihan lingkungan. “Sebenarnya dengan adanya bank sampah sangat bermanfaat bagi kami warga Dekoro karena lingkungan menjadi bersih sampah tidak berserakan,” ujar Lilik, selaku ketua Bank Sampah Dekoro Asri.

Selain itu, pengaktifan kembali Bank Sampah Dekoro Asri diharapkan juga dapat membantu dan meningkatkan ekonomi para warga Dusun Dekoro. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: