Pengaruh Skizofrenia Terhadap Kehidupan Sehari-hari

BNews-OPINI- Skizofrenia adalah gangguan mental yang memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan berperilaku seseorang. Penderita skizofrenia sering mengalami halusinasi, delusi, dan kekacauan berpikir. Gangguan ini dapat menyebabkan kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari, bekerja, dan menjalin hubungan sosial.

Skizofrenia adalah gangguan mental yang serius dan kompleks. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga disebabkan oleh kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan neurobiologi.

Skizofrenia dapat diobati dengan obat-obatan dan terapi. Obat-obatan antipsikosis dapat membantu mengurangi gejala halusinasi, delusi, dan kekacauan berpikir. Terapi dapat membantu penderita skizofrenia untuk belajar mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Meskipun skizofrenia adalah gangguan mental yang serius, penderita skizofrenia dapat hidup normal dan produktif. Dengan pengobatan dan dukungan yang tepat, penderita skizofrenia dapat bekerja, menjalin hubungan, dan berkontribusi pada masyarakat.

Dikutip dari American Psychiatric Association, 2013. “Penderita skizofrenia sering mengalami gangguan pemikiran, persepsi, dan perilaku yang signifikan.”

Kasus pada seorang pria berusia 25 tahun, yang akan kita sebut John, mulai menunjukkan gejala skizofrenia pada usia 20 tahun.

Dia mengalami halusinasi auditori, mendengar suara-suara yang menghina dan mengancam. John juga mengalami waham, yaitu keyakinan bahwa agennya sedang memata-matainya. Gejala ini menyebabkan gangguan dalam hubungan sosial dan pekerjaannya. John akhirnya mencari bantuan medis dan didiagnosis menderita skizofrenia oleh seorang psikiater.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sumber diambil dari “Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Jiwa, Edisi ke-5” (DSM-5), yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association pada tahun 2013.

Kasus John mencerminkan sebagian gejala umum skizofrenia, seperti halusinasi dan waham. Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang kompleks dan serius yang memerlukan diagnosis dan perawatan medis profesional. Pemahaman tentang kondisi ini penting untuk memberikan dukungan dan perawatan yang sesuai bagi individu yang menderita skizofrenia.

Kesimpulan yang kita dapatkan dari opini ini Skizofrenia adalah gangguan mental yang perlu dipahami dan diterima. Penderita skizofrenia bukan orang jahat atau berbahaya. Mereka hanya mengalami gangguan mental yang menyebabkan mereka melihat dan merasakan dunia dengan cara yang berbeda.

Skizofrenia merupakan gangguan mental yang dapat diobati. Dengan pengobatan dan dukungan yang tepat, penderita skizofrenia dapat hidup normal dan produktif.

Skizofrenia adalah gangguan mental yang membutuhkan dukungan dari masyarakat. Penderita skizofrenia perlu dukungan dari keluarga, teman, dan masyarakat untuk dapat hidup normal dan produktif.

Penulis : Raihan Tamin Solikhin dan Avieshena Angga

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: