Pengen Baju Rapi Tanpa Disetrika, Begini Trik Mudahnya

BNews—MAGELANG— Menyetrika pakaian setelah dicuci merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang cukup membuat lelah. Hingga tak jarang ada yang malas untuk melakukan kegiatan satu ini.

Untuk menghindari proses menyetrika pakaian yang melelahkan, Anda bisa mulai menggunakan sejumlah metode agar pakaian-pakaian bebas kusut meski tanpa disetrika.

Gunakan hair dryer

Dengan menggunakan hair dryer, anda bisa mengurai kusut pada pakaian. Caranya dengan semprot sedikit air di bagian yang kusut.

Cukup dilembabkan, jangan sampai basah dan mengandung terlalu banyak air. Kemudian keringkan pakaian menggunakan hair dryer dengan jarak kurang lebih 2 sentimeter dari permukaan pakaian. Hal ini untuk mencegah pakaian menjadi terlalu panas dan malah rusak.

Gunakan handuk basah

Anda bisa menggunakan handuk yang lembab untuk membuat pakaian bebas kusut. Dimulai dengan membasahi handuk namun jangan terlalu basah dan cukup terasa lembab saja.

Kemudian letakkan pakaian di permukaan yang rata dan keras, bentangkan dengan rapi. Lalu tutupi dengan handuk tersebut. Dengan menggunakan telapak tangan, tekan-tekan handuk ke seluruh area pakaian terutama di area yang paling kusut. Kemudian gantung pakaian, biarkan hingga kering.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Gunakan catokan rambut

Catokan rambut dapat digunakan untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Asalkan areanya tak banyak dan berada di pinggir pakaian sehingga bisa terjangkau oleh panjang gagang catokan rambut.

Caranya, gantung pakaian kemudian panaskan catokan. Lantas masukkan pakaian di sela catokan, dan gulirkan catokan ke atas dan ke bawah hingga pakaian rapi kembali.  

Semprot dan gantung

Anda juga bisa melakukan metode semprot dan gantung. Yakni semprot pakaian di bagian yang kusut menggunakan air.

Kemudian gantung pakaian, angin-anginkan hingga kering. Ketika pakaian kering, bagian yang kusut dan berlipat akan kembali rapi. Tapi metode ini hanya akan efektif pada jenis kain yang tipis seperti sutra.

Letakkan di bawah kasur

Dimulai dengan mengulung pakaian yang kusut dengan rapi layaknya burito. Kemudian letakkan pakaian di bawah kasur.  Diamkan selama beberapa jam, biarkan suhu panas dari kasur merapikan kerutan dan lipatan dari pakaian Anda. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: