Creative Agent Amikom Jogja Beri Pembelajaran Visual ke Anak PAUD Secara Daring

BNews—YOGYAKARTA—Beberapa Mahasiswa Amikom Yogyakarta Jurusan S1 Ilmu Komunikasi memberikan materi sekolah PAUD di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Hal tersebut untuk membantu kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu mahasiswa, Agil Nugra Prasetya menuturkan kegiatan tersebut untuk menjalankan mata kuliah wajib yakni Proyek Komunikasi yang setara dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Beberapa mahasiswa tersebut tergabung dalam kelompok Creative Agent.

”Agar kegiatan Proyek Komunikasi ini lebih berguna untuk masyarakat sehingga kami memilih memberikan materi pembelajaran untuk anak-anak PAUD apalagi ditengah pandemi saat ini, membuat kegiatan belajar mengajar terhambat,” tuturnya.

Dia menjelaskan, kegiatan belajar mengajar khususnya untuk anak-anak seharusnya dilakukan dengan bermain dan berkomunikasi secara langsung bersama teman sekitar. Sementara itu dikarenakan kondisi saat ini membuat proses belajar hanya mengandalkan media online.

”Karenanya, kami hadir dengan memberi materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak agar tetap bisa belajar dengan asik,” jelasnya.

Materi pembelajarannya yang diberikan, kata Agil, yakni meliputi audio visual menarik yang berbentuk animasi ataupun visual nyata dengan topik yang berbeda setiap harinya. Seperti topik belajar membaca, menulis, menyanyi, kreativitas, hingga materi permainan.

”Materi yang diberikan bertujuan agar anak tetap belajar dengan baik pada situasi pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu juga untuk membantu aktifitas anak agar tidak bosan dan lebih produktif dalam belajar di rumah.

Lanjut Agil, kegiatan Proyek Komunikasi mulai berjalan sejak 14 April hingga 8 Mei 2020 lalu, dengan jadwal rutin setiap hari Selasa dan Kamis. Bertempat di beberapa sekolah PAUD Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Sementara itu, untuk pemberian materi pembelajarannya, mahasiswa memberikan kepada Ketua IGTKI Kecamatan Prambanan, Lasmi, melalui media komunikasi Whatsapp. Kemudian di sebar luaskan melalui Grup Whatsapp yang berisikan anggota guru-guru dari beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Prambanan.

”di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kami berkomunikasi termasuk dalam memberikan materinya dilakukan dengan memanfaatkan Whatsapp,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: