Penting! Begini Tips Berkendara Aman Saat Hujan Mengguyur

BNews—NASIONAL—Bagi para pengendara sepeda motor harus lebih waspada dan hati-hati  bila berkendara saat hujan. Sebab sederet resiko menanti, seperti licinnya jalanan hingga lubang yang tak terlihat karena tergenang air.

Tak jarang terjadi kecelakaan dikarenakan curah hujan yang tinggi. Oleh karenanya, harus selalu mengantisipasi kemungkinan yang terjadi bila berkendara di tengah hujan.

Berikut ini tips berkendara saat musim hujan, dilansir dari berbagai sumber :

Periksa kondisi ban

Periksa kondisi ban mulai dari kondisi fisik hingga tekanan udaranya. Apabila kondisi gundul, bisa menyebabkan rawan kecelakaan dan apabila tekanan angin tidak standar bisa mengakibatkan mudah selip.

Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi

Ketika hujan, jalanan akan licin dikarenakan oleh air yang bercampur dengan kotoran ataupun minyak. Bila tidak hati-hati, ban kendaraan bisa tergelincir dan rawan kecelakaan.

Hindari pengereman mendadak

Hindari pengereman mendadak dan keras sebab saat hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang. Selain itu, pastikan sistem pengereman pada kendaraan berfungsi maksimal dan cek kondisi minyak rem masih baik.

Jaga jarak aman

Melakukan jaga jarak ketika berkendara saat hujan dapat membantu kewaspadaan dari resiko kecelakaan. Yang bisa disebabkan dari kendaraan yang berada di depan maupun belakang.

Nyalakan Lampu Utama

Nyalakan lampu utama saat berkendara di tengah hujan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan untuk pengendara sepeda motor lainnya.

Memakai jas hujan di tepi jalan

Bila pengendara ingin mengenakan jas hujan, sebaiknya menepi di jalur yang aman. Namun ingat, jangan mendadak bila menepi sebab hal itu dapat menimbulkan resiko tertabrak kendaraan dari arah belakang. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: