Kampung Siaga Covid-19 Dibentuk Polda Jateng di Dukun Magelang, Bersiap New Normal

BNews–DUKUN– Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona juga ada di wilayah lereng merapi sisi barat. Poda Jateng menunjuk Desa Kalibening Kecamatan Dukun Magelang menjadi salah satu Kampung Siaga Covid-19 untuk menyambut masa New Normal.

Tentunya Desa tersebut dibawah pendampingan Polsek Dukun dan Polres Magelang. Dimana wilayah yang berada di 6,8 km dari puncak merapi terpilih karena terdapat beberapa indikator.

Kapolsek Dukun IPTU Suyanto mengatakan kenapa Desa Kalibening terpilih menjadi Kampung Siaga Covid-19 karena saat upaya pencegahan sejak awal sangat bagus sekali. “Termasuk salah satu upayanya menyediakan tempat isolasi mandiri bagi ODP, juga ada Posko dengan OPRB yang sangat aktif sekali,” katanya.

Menurutnya, di Desa Kalibening juga tertib, rapi dan bagus secara administrasi selama proses pencegahan Covid-19 selama ini. “Disatu sisi dukungan dari Pemerintahan Desa hal ini melalui perangkatnya sangat mendukung program ini. Oleh karena beberapa indikator tersebut kami dari Polri tetapkan menjadi Kampung Siaga Covid-19,” imbuhnya.

Dengan diadakannya Kampung Siaga Covid-19 ini, pihaknya berharap masyarakat dan perangkat di Desa Kalibening lebih semangat lagi untuk mencegah penyebaran virus tersebut. “Tentunya daya dukung masyarakat juga lebih lagi. Terbukti di Desa Kalibening ini sudah melangkah lebih maju dengan sudah menerapkan program stimulus ekonomi untuk warganya,” paparnya.

Untuk sementara, lanjutnya di Kecamatan Dukun baru satu Desa yang dicanangkan program Kampung Siaga Covid-19 ini. “Saya berharap ini bisa menjadi contoh Desa-Desa lain untuk berupaya lebih baik dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Tentunya bisa diikuti desa lain,” tegasnya.

Terkait menyambut New Normal, Iptu Suyanto menegaskan di Jawa Tengah yang ditetapkan Pemerintah baru di Kota Tegal. “Jadi di Magelang kita masih mengikuti protokol yang masih berlaku selama ini,” tandasnya.

TANGGAPAN KADES KALIBENING

Sementara Kepala Desa Kalibening, Nurbiyanto menyambut baik dengan dipilihnya menjadi Kampung Siaga Covid-19. “Saya terima kasih dan bangga, bahwa hal ini merupakan hasil kerja nyata Pemdes, Relawan dan masyarakat Kalibening selama upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Menurutnya, Desa Kalibening dipilih karena hingga saat ini Posko Siaga Covid-19 masih tetap berdiri dan relawan masih bertugas. “Tentunya ada lagi benner-benner himbauan juga banyak tersebar. Dan terpenting masyarakat Desa Kalibening taat kepada protokol kesehatan yang diterapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, warga Kalibening yang merantaupun taat pada anjuran pemerintah untuk tidak mudik. “Hal itu terbukti dari perkiraan kami dengan ledakan pemudik saat lebaran tidak terjadi. Cuman ada beberapa orang yang pulang, toh kita juga siapkan tempat isolasi mandiri di Desa,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: