Penting Diketahui! Ini Bahaya Self Diagnose Pada Kesehatan Mental

BNews—KESEHATAN— Percakapan terbuka mengenai kecemasan, depresi, serta berbagai masalah mental lainnya semakin sering terjadi, terutama di media sosial.

Meskipun perkembangan ini memiliki dampak positif dalam mengurangi stigma seputar kesehatan mental, namun ada tantangan baru yang timbul yakni self diagnose atau upaya mendiagnosis diri sendiri dengan dasar informasi dari internet.

Ini sering terjadi saat seseorang mencari informasi dari berbagai sumber seperti artikel online, mengikuti kuis di media sosial, atau mencocokkan gejala yang mereka alami dengan deskripsi gangguan mental tertentu.

Praktik self diagnosis ini dapat berbahaya karena individu hanya mengandalkan pengetahuan dan pengalaman pribadi mereka sendiri. Tanpa dukungan atau validasi dari profesional kesehatan mental.

Asumsi yang dibuat dalam self diagnosis bisa saja tidak akurat atau bahkan keliru. Sebab, tanpa evaluasi dan diagnosa yang tepat dari seorang profesional, self diagnosis dapat mengarah pada kesimpulan yang tidak benar dan keputusan yang tidak tepat dalam mengelola kesehatan mental.

Self diagnosis dalam kasus penyakit mental dapat membawa risiko yang besar. Situasi semacam ini dapat memperparah kondisi kesehatan mental atau bahkan membuatnya sulit untuk diobati.

Selain itu, melakukan self diagnosis juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi, serta meningkatkan risiko perilaku berbahaya seperti menyakiti diri sendiri, atau bahkan mencoba bunuh diri.

Selain berdampak pada diri sendiri, proses diagnosis diri juga dapat menimbulkan stres dan kecemasan pada orang-orang terdekat. Orang lain bisa jadi semakin khawatir jika kamu memiliki penyakit mental, meskipun pada kenyataannya tidak demikian.

Selain itu, stigma buruk di masyarakat bisa membuat orang merasa malu untuk mencari bantuan psikolog atau psikiater akan membuat kondisi berkembang semakin parah dan membuatnya jadi lebih sulit diobati.

Untuk menghindari risiko dan bahaya yang terkait dengan self diagnosis kondisi kesehatan mental, penting untuk tidak mengandalkan penilaian diri sendiri. Jika kamu atau orang tersayang memiliki tanda-tanda atau gejala gangguan kesehatan mental, segera hubungi psikolog atau psikiater. (*)

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: