Penting!!! Ini Hasil MOU KUA PPAS Pra APBD 2017

BNews–MAGELANG– Proses penetapan APBD 2017 menunjukkan progres yang baik. Sore tadi, DPRD dan eksekutif sepakat menandatangani MOU Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang merupakan kerangka umum penyusunan APBD.
      “Setelah melalui pembahasan Badan Anggaran sore tadi MoU KUA PPAS 2017 sudah ditandatangani,” kata Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto SE sore tadi.
     Dengan ditandatanganinya KUA PPAS ini, maka proses penetapan APBD 2017 sudah separo jalan. Setelah ini, rancangan APBD 2017 akan dibahas lebih detail ditingkat panitia khusus (pansus).      
     Sariyan mengatakan proses pembahasan KUA PPAS memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya, DPRD harus mencermati secara detail program kerja dan penganggaran yang diajukan oleh Pemkab Magelang. Baik secara formil maupun yuridis.
      Menurutnya, ada sejumlah catatan penting dalam pembahasan KUA PPAS ini. Diantarnya terkait proyek-proyek besar di Kabupaten Magelang. Mulai dari Pasar Muntilan hingga pembangunan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD).
       Sariyan mengatakan terkait paar Muntilan, disepakati anggaran kembali ke pengajuan awal yakni Rp 95 miliar. Tambahan anggaran Rp 15 Miliar yang diajukan sebelumnya tidak diberikan lantaran gagalnya lelang amdal lalin.
       “Penambahan anggaran disepakati Rp 2,5 miliar untuk jasa manajemen konstruksi Pasar Muntilan,” katanya.
        Dia mengatakan pihaknya mendorong supaya proses pembangunan pasar Muntilan dilakukan dalam satu tahun anggaran sebagai konsekuensi molornya pembangunan yang harusnya dimulai 2016. “Apalagi melihat kondisi pasar penampungan yang sudah banyak dikeluhkan dan ditinggalkan pedagang,” katanya.
      Namun, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tidak berani menyelesaikan dalam satu tahun anggaran. Alasannya teknis pembangunan membutuhkan waktu lebih panjang.
      Lebih lanjut, terkait pembangunan RSUD baru di Blondo Mungkid, sementsra hanya dibangun poliklinik. Sambil melakukan penyempurnaan perencanaan. “Sementara poliklinik sesuai DED yang lama,” papar Sariyan.
      Sariyan menambahkan dengan telah disepakatinya KUA PPAS ini, maka proses penetapan APBD 2017 bisa dilakukan akhir Bulan Januari. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: