Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana. Warga Lereng Merapi Magelang Pukul Kentongan Serentak

BNews–MAGELANG– Peringati hari kesiapsiagaan bencana, warga di lereng merapi ini serentak memukul kentongan (26/4/2021). Mereka adalah warga Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, yang berada di KRB 2 Merapi.

Mulai dari ibu rumah tangga, anak-anak, dan orang tua memukul kentongan yang memang sudah ada di setiap rumahnya. Ada juga yang membawa kentongan dan berkumpul di depan mushola atau jalan dusun masing-masing.

Kegiatan tersebut sengaja diinisiasi oleh pihak Pemerintah Desa Dukun. Dimana warga yang berada di rumah untuk serentak memukul kentongan pada pukul 10.00 wib (26/4/2021).

Kepala Desa Dukun, Tanto Heryanto mengatakan bahwa kegiatan ini selain memperingati hari kesiapsiagaan bencana juga yentang bagaimana melaksanakan sebuah instruksi.

“Jadi kita memberikan intruksi dadakan kepada jajaran perangkat desa untuk diteruskan kepada warga. Lalu bagaimana mereka menindaklanjuti intruksi. Yang mana sebagai tolak ukur. Sejauh mana intruksi tersebut bisa diikuti dan ditaati masyarakat,” katanya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Selain itu, lanjutnya hal ini juga sebagai gerakan bersama bagi semua warga dusun yang berada di wilayah desa dukun.

“Terpenting menguji respon kesiapan masyarakat terkait adanya bencana. Karena kita tahu wilayah tinggal berada di kawasan rawan bencana gunung merapi,” imbuhnya.

Tanto berharap kegiatan ini tidak hanya acara seremonial saja. Namun besar harapan masyarakat akan Sigap Tanggap terhadap ancaman potensi bencana di lingkungan sekitar kita.

“Tidak hanya merapi tentunya, warga harus siap dengan segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi,” harapnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: