Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Kabupaten Magelang 2023, Pramuka Wadah Positif

BNews–MAGELANG– Pramuka adalah wadah yang sangat positif untuk mempersiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas di masa depan. Dan juga wadah untuk berlatih menjadi orang yang bertanggung jawab, semangat; berbakti kepada orang tua serta menanamkan nilai-nilai cinta kepada tanah air.

Hal ini disampaikan oleh Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin. Yakni saat membuka kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Magelang Tahun 2023 yang diselenggarakan di halaman Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (25/2/2023).

Christanti mengatakan, gerakan Pramuka di era dewasa ini diiringi dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosial budaya yang begitu pesat. Hampir tidak pernah terbayangkan hidup pada era 4.0 yang telah membawa pengaruh ke berbagai sisi kehidupan.

“Untuk itu, tuntutan keselarasan ini jangan sampai meninggalkan prinsip-prinsip dasar maupun metode kepramukaan; yang telah menjadi ciri khas Pendidikan Kepanduan di Indonesia, sebagaimana tercermin dalam penyelenggaraan Pesta Siaga kali ini; di mana setiap tahun materi kegiatannya selalu mengalami perubahan,” kata, Christanti.

Ia menekankan, kepada para Andalan Cabang/ Pengurus Cabang agar hal ini perlu mendapat perhatian serius agar terus terarah dan berkesinambungan.

Christanti berharap, dengan Motto Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan, dalam berjuang menggapai cita-cita yang luhur harus senantiasa dilandasi semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi.

Sementara, Andalan Cabang Urusan Siaga Kabupaten Magelang, Fajriyatun Nurohmah menyampaikan Gerakan Pramuka ini bertujuan; untuk membentuk Pramuka yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa berakhlak mulia, berjiwa patriotik, disiplin, serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lebih lanjut, ia menjelaskan tema kegiatan Pesta siaga ini yaitu, Aktif, Santun, Inovatif, dan Kreatif serta dengan Motto, Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan.

Adapun kegiatan ini diikuti sebanyak 336 peserta tediri dari 168 putra dan 168 putri dari 21 Barung putra serta 21 Barung putri, yang dilaksanakan dalam waktu satu hari.

Untuk diketahui, bagi barung satu, dua, tiga, putra dan putri tingkat Cabang berhak mengikuti Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persasi) yang dilaksanakan di tingkat Binwil pada tanggal 18 Maret 2023 di Kota Magelang. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!