Aktivitas Merapi Meningkat, 127 Warga Dukun Magelang Kembali Mengungsi

BNews—DUKUN—Sejumlah warga Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang kembali mengungsi pada Minggu (2/1/2021) siang. Setelah sebelumnya mereka pulang ke rumah masing-masing karena merasa jenuh sudah mengungsi selama satu bulan.

Kepala Desa Ngargomulyo, Widodo mengungkapkan, warganya kembali mengungsi karena adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Yang mana ditandai sering terjadinya kegempaan dan guguran.

”Berdasarkan rekomendasi dari BPPTKG, warga yang bermukim dengan radius lima kilometer dari puncak Merapi untuk segera mengungsi,” katanya, Minggu (2/1/2021).

Dia menjelaskan bahwa sebelumnya warga telah mengungsi selama satu bulan. Namun mereka mengaku jenuh dan ingin pulang ke rumah masing-masing guna beraktivitas seperti biasa.

Lanjutnya, jumlah warga yang mengungsi sebanyak 127 jiwa. Mereka berasal dari Dusun Ngandong, Gemer dan Karanganyar, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Ratusan warga itu  menuju ke tempat pengungsian di Balai Desa Taman Agung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang yang merupakan desa penyangga,” jelas dia.

Tambah Widodo, warga yang mengungsi itu merupakan kelompok rentan (lansia, ibu hamil, anak-anak dan yang sedang sakit). Sementara itu, ada satu lagi yakni Dusun Batur Ngisor yang kini masih dalam musyawarah warga.

”Dalam pelaksanaan pengungsian, dihadiri oleh Camat Dukun, Kapolsek Dukun, Koramil Dukun dan para relawan. Teknis pengungsian dengan menggunakan 11 armada dan pengawalan dari polisi,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: