Pilwalkot Magelang 2020 Hampir Dipastikan Tanpa Calon Independen

BNews—MAGELANG— Jalur perseorangan atau untuk Pilkada Walikota-Wakil Walikota Magelang 2020 nampaknya masih sepi peminat. Hingga memasuki batas terakhir pendaftaran hari ini, Minggu (23/2), belum ada satupun pasangan calon independen yang mendaftarkan diri.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto yang menyebut hingga sore ini, belum ada sinyal paslon independen yang mendaftar. Sepinya meminat sudah terlihat sejak dibukanya layanan helpdesk, konsultasi hingga pendaftaran.

”Benar, sampai saat ini belum ada yang mendaftar. Namun, kami tetap akan menunggu hingga batas penutupan pendaftaran mala mini pukul 24.00 WIB,” kata Basmar, Minggu (23/2).

Sejauh ini, pihaknya telah bekerja semaksimal mungkin. Termasuk telah menyampaikan informasi persyaratan dukungan perseorangan melalui sosialisasi ke lembaga-lembaga yang punya basis massa banyak.

”Kami juga sudah sosialisasi ke beberapa LSM di Kota Magelang,” tuturnya.

Imbuh dia, fenomena sepinya peminat paslon independen yang mendaftar bisa disimpulkan sementara bila hampir dipastikan tidak ada jalur perseorangan dalam kontestasi Pilwalkot Magelang 2020. Hal tersebut pun dijuga dibenarkan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Jateng, Putnawati.

”Hari ini, (23/2) adalah hari terakhir pengumpulan (syarat dukungan), tapi saya mendapat laporan bahwa belum ada bakal paslon yang datang atau surat mandat yang masuk ke KPU Kota Magelang terkait dengan LO (Liaison Officer) dan operatornya siapa,” paparnya kepada Borobudur News saat melakukan kunjungan ke Kantor KPU Kota Magelang.

Disinggung mengenai LO dan operator, Putnawati menekankan bahwa kedua orang tersebut harus memahami tata cara penginputan data ke aplikasi Silon (Sistem Informasi Pencalonan). Guna memasukkan data dukungan dari dua Kecamatan di Kota Magelang dan minimal dukungan ada 9.134 orang.

”Pentingnya dua hal tadi untuk menyiapkan serta menyusun syarat dukungan dan menginput ke Silon. Tapi bahkan yang konsultasi saja belum ada sampai hari ini. Jadi hampir bisa dipastikan tidak akan ada bakal paslon dari jalur perseorangan,” terangnya. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: