Polisi Fokus Antisipasi Teror di Perayaan Waisak

BNews—MUNGKID— Sebanyak 1238 Personil gabungan ikuti apel kesiapan pengamanan waisak nasional 2563 BE/2019 pagi ini di Lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid (18/5). Fokus utama pengamanan dalam perayaan Waisak ini adalah terhadap ancaman terorisme.

Pasukan gabungan tersebut di back up juga dari jajaran Kepolisin exs Karesidenan Kedu selain TNI,Polres Magelang dan Jajaran Pemkab Magelang., karena fokus pengamanan tidak main-main terkait dengan terorisme. “Baru-baru ini jajaran Densus 88 telah mengamankan 10 orang terduga terorisme, oleh sebab itu fokus utama pengamanan kita adalah ancaman terorisme dalam perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE ini,” ungkap Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adi Nugroho.

Advertisements


Perlu diketahui Borobudur menjadi pusat perhatian dunia, ditambah lagi perayaan Waisak Nasional dilaksanakan di sini.”Tentunya hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi petugas pengamanan, dan  kegiatan pengamanan dimulai dari pagi hingga pagi besuk tentunya akan menguras tenaga fisik. Namun personil harus tetap tunjukan tampilan terbaik dilapangan senyum sapa salam dan selalu tampilkan ketegasan,”imbuhnya.

Dan perlu diperhatikan juga bahwa acara Waisak nanti malam juga akan dihadiri selain tokoh masyarakat dan agama juga ada tokoh nasional seperti Menteri Agama, Gubernur, Bupati dan lain sebagainya. “Ini juga menjadi pusat pengamanan kita yang dibagi masing-masing tiga zonasi di Candi Mendut dan Candi Borobudur,” paparnya.


Untuk pengalihan arus harus tegas untuk selalu siaga antisipasi kewaspadaan. “Pengalihan arus dimulai sejak pagi ini pukul 08.00 wib, dilanjut persiapak kirab air suci dan abdai dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sekitar pukul 14.00 wib, dan perkiraan jalur lalu lintas akan dibuka kembali setelah kirab selesai,” jelasnya.

Kegiatan ini akan menyedot perhatian banyak masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan. “Kita niatkan kegiatan pengamanan hari ini adalah kegiatan ibadah untuk memperlancar kegiatan ibadah umat Budha dalam perayaan Hari Raya Waisak,” pungkasnya. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: