Polres Magelang Gelar Apel Besar Tiga Pilar Garda Terdepan

BNews—MUNGKID—Apel Besar Tiga Pilar Garda Terdepan Kamtibmas digelar pagi ini di lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang oleh Polres Magelang (18/4). Ratusan pasukan terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa se Kabupeten Magelang mengikuti kegiatan ini.

 

Selaku pemimpin Apel Besar ini,Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo didampingi oleh Dandim, Pjs Bupati Tavip Supriyanto, Kejari serta Sekda Kabupaten Magelang, Wakil Ketua DPRD, PJU Polres Magelang dan seluruh Kapolsek. “Kegiatan ini dalam rangka mendorong terpeliharanya Kamtibmas hingga tingkat terbawah yakni di desa maupun kelurahan,” ungkap Kapolres Magelang.

 

“Kami berharap bahwa ketiga pilar yang terdiri dari Kepala desa atau Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, selalu bersinergi terutama dalam deteksi dini gangguan-gangguan kamtibmas, ketertiban, penegkan hukum, serta perlindungan dan pengayoman masyarakat,”imbuhnya

 

Kita ketahui bersama bahwa  tugas pokok dan fungsi kepala desa atau lurah harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 serta dapat memelihara keutuhan NKRI, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Oleh sebab itu kita semua harus mampu bersinergi sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam mewujudkan situasi serta kondisi lingkungan yang aman dan nyaman,” paparnya.

APEL BESAR : Jajaran Forkompinda saat foto bersama setelah apel besar tiga pilar garda terdepan pagi tadi (18/4)--(Foto--Istimewa)
APEL BESAR : Jajaran Forkompinda saat foto bersama setelah apel besar tiga pilar garda terdepan pagi tadi (18/4)–(Foto–Istimewa)
DPD PKS Magelang Ramadhan

AKBP Hari Purnomo juga menambahkan,Bahwasanya Babinsa sebagai unsur pelaksana koramil dari unsur TNI yang bertugas melaksanakan bimbingan dan tugas teritorial, memberikan penyuluhan bela negara, serta membangun masyarakat di bidang ketahanan dan keamanan Negara. “Sinergitas TNI Polri juga akan terus kita jaga demi kepentingan masyarakat dan NKRI,” tambahnya.

 

“Kami himbau untuk seluruh kepala desa tau lurah untuk membudayakan kembali kegiatan kegiatan yang dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti siskamling, ketentuan wajib lapor bagi pendatang dan sejenisnya,” himbau Kapolres.

 

“Dan saya tekankan yang terpenting adalah selalu siap siaga dalam segala hal sehingga secara cepat dan tepat dapat menanggulangi potensi permasalahan yang ada,” terangnya.

 

Menyinggung Pilkada 2018, Kapolres menegaskan Polri, TNI dan ASN atau Kepala Desa wajib netral, karena tidak netralan akan menciptakan suasan tidak aman dan bisa memicu kerusuhan. “Netralitas bagi kami adalah komitmen dan kehormatan, Manakala tidak netral, itu merupakan pemicu tidak aman dan kerusuhan pada pelaksanaan Pilkada 2018,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: