Polres Magelang Kota Sita 100 Kg Bahan Peledak Petasan

BNews—MAGELANG— Jajaran Polres Magelang Kota menyita hampir 100 kilogram (kg) bahan peledak untuk petasan di Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara. Tersangka yang diamankan berinisial S (33).

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang mengungkap kronologi bermula pada Kamis (30/3/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Tim Resmob yang mendapat informasi dari masyarakat kemudian menuju ke lokasi.

Setiba di lokasi, petugas hanya mendatapi S, sementara GDW (41) tidak berada di tempat. ”Saat ditemukan tempat ini, yang bersangkutan (GDW) sudah tidak ada di tempat. Yang ada hanya S,” ungkap Yolanda saat konferensi pers di Aula Mako Polres Magelang Kota, Kamis (30/3/2023).

Yolanda mengatakan, status S ini merupakan teman wanita GDW. Berdasarkan pemeriksaan, S berperan membantu membuat, menyimpan, dan menguasai bahan peledak. GDW saat ini dalam pencarian berstatus DPO (daftar pencarian orang).

”Ini dari awal murni meracik sendiri dan menjadikan barang dijual. Informasinya tidak menjual bubuk, tapi menjual berupa mercon. (Penyuplai) masih dalam pendalaman karena yang bersangkutan belum kita dapatkan. Sementara informasi dari S sebagai penjual, untuk meracik dan lain-lainnya tidak tahu, dia (S) tugasnya hanya menjualkan barang yang sudah jadi,” katanya.

Yolanda menyebut, barang bukti yang diamankan diantaranya 65 mercon yang terbuat dari kertas yang sudah diisi bahan peledak dengan diameter 23 centimeter. 53 mercon yang terbuat dari kertas yang sudah diisi bahan peledak dengan diameter 21,5 centimeter.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Kemudian 281 mercon yang terbuat dari kertas yang diisi bahan peledak dengan diameter 8 centimeter, 62 mercon yang terbuat dari kertas yang belum diisi bahan peledak.

Adapula, bahan peledak dalam lima kantong plastik masing-masing seberat 5 kg, bahan peledak dalam 32 kantong plastik masing-masing 1/4 kg. Bahan peledak di dalam dua kantong plastik masing-masing beratnya 2 kg. Satu kantong plastik belerang seberat 5 kg, satu kantong plastik belerang seberat 2 kg dan 56 kantong plastik potassium seberat 56 kg.

“Total bahan peledak jenis mercon yang sudah jadi seberat 17 kg. Bahan peledak yang belum jadi 63 kg, mercon yang sudah diisi obat (siap ledak) berbagai jenis ukuran sebanyak 399 biji dan mercon (selongsong) yang belum diisi sebanyak 62 biji. Bila ditotal keseluruhan mendekati 100 kg (bahan peledak),” imbuhnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!