4 Cara Sederhana Merawat Kulit yang Terkena Sunburn

BNews—TIPS— Terlalu banyak terkena paparan matahari dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar atau sunburn. Seseorang yang mengalaminya dapat merasa panas dan perih saat disentuh, hingga kemerahan.

Agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar, sebaiknya segera melakukan perawatan pada kulit yang terbakar matahari. Jika dibiarkan, risiko untuk mengalami berbagai komplikasi lebih tinggi, termasuk juga kanker kulit.

Tindakan paling awal jika merasakan gejala dari sunburn antara lain segera jauhi paparan sinar matahari secara langsung. Masuk ke tempat yang teduh, atau paling tidak tutupi kulit yang kemerahan dengan baju panjang atau jaket, agar sinar matahari terhalang dengan baik.

Hidrasi tubuh saat mengalami sunburn dengan perbanyak minum air putih. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Sebab, sengatan matahari dapat menarik air ke luar tubuh melalui kulit. Jika dehidrasi dibiarkan, bisa jadi risiko yang lebih besar terjadi. Selain itu, ada beberapa tindakan alami yang bisa dilakukan untuk merawat kulit yang terkena sunburn, yaitu:

1. Berendam Air Dingin

Pada dasarnya, sunburn terjadi akibat peradangan pada kulit. Cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan mendinginkan area yang terbakar matahari tersebut.

Cobalah untuk segera berendam ke dalam air, seperti bak atau kolam. Namun, hati-hatilah pada kolam yang airnya mengandung klorin, serta hindari penerapan es secara langsung pada area yang meradang.

Jika tidak ada tempat untuk berendam, kamu bisa mencoba untuk mendinginkan dan menenangkan area yang meradang dengan mandi air dingin.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

Gel yang terdapat pada daging dari lidah buaya sangat baik dalam merawat kulit yang terkena sunburn. Potong tanaman tersebut dan ambil gelnya, lalu oles langsung ke kulit.

Cara ini dapat memberikan perasaan lega dan tenang dari sengatan matahari dalam skala ringan.  Jika tanaman ini sulit didapatkan, cobalah untuk mencari produk gel lidah buaya di apotek.

3. Hindari Penggunaan Sabun

Saat berendam atau mandi untuk merawat kulit yang mengalami sunburn, sebaiknya hindari penggunaan sabun. Sebab, penggunaan sabun dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit yang terbakar matahari. Pastikan mandi air dingin tanpa tambahan apa pun atau memasukkan oatmeal.

Beberapa ahli medis beranggapan jika oatmeal dapat membantu dalam meredam peradangan dan mengurangi rasa gatal. Berendam dengan campuran oatmeal selama 15 hingga 20 menit untuk mengatasi peradangan pada kulit dan membuat sunburn cepat sembuh.

4. Mengoleskan Pelembap

Selama perawatan, kamu perlu menggunakan pelembap agar kulit tetap lembut dan menghindari perasaan gatal. Oleskan alat kosmetik ini secara teratur pada area yang terkena. Pastikan untuk menggunakan pelembap bebas pewangi dan pewarna, guna meminimalisir iritasi pada kulit.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit yang terkena sunburn. Hindari untuk terlalu sering mengalami paparan sinar matahari yang berlebihan, sebab risiko untuk mengalami kanker kulit dapat meningkat. Sebaiknya menerapkan sunscreen sebelum ke luar dari rumah, terlebih jika seharian bekerja di luar ruangan. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!