Polres Magelang Uji Coba Pasukan Berkuda di Candi Borobudur

BNews–BOROBUDUR– Polisi Pariwisata jajaran Polres Magelang di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur tunggangi dua ekor kuda impor dari Belanda untuk sarana patroli. Hal tersebut juga sebagai salah satu upaya Polres Magelang guna mendukung konsep go green Borobudur.

Kepala Polres Magelang Ajun Komisaris Besar Polisi Ronald A Purba mengungkapkan dua kuda itu bernama Vicky dan Quitnes. Dalam rangka memperkuat proses pengamanan Candi Borobudur sebagai salah satu wisata unggulan nasional.

“Nanti akan ada pasukan sendiri, dari Satuan Pam Obvit digabungkan dengan Unit Satwa,” katanya (17/10/2020).

Dia juga mengungkapkan bawah lokasi wisata Candi Borobudur ini merupakan destinasi wisata prioritas. “Dengan keberadaan patroli pasukan berkuda, diharapkan nantinya akan menambah rasa aman dan nyaman para pengunjung,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dua ekor kuda tersebut berasal dari Korsabhara Baharkam Polri. Jika Polres Magelang telah siap segala sesuatunya, Polri akan langsung menyerahkan kuda tersebut.

Sementara turut hadir Direktur Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto menyampaikan bahwa sekarang di Polres Magelang baru ada K9 yang anjing. Ke depannya, lanjutnya kalau Polres Magelang sudah siap, kami akan berikan dukungan satwa turangga atau kuda.

“Kuda ini nanti untuk dijadikan salah satu kegiatan dalam patroli. Ini kita uji coba selama dua hari di Candi Borobudur. Kalau sudah siap, kami kasih (kuda) di sini dan Kami latih personilnya dan segala macam,” ujar dia.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASO BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hariyanto menambahkan, selama uji coba, pihaknya juga akan melihat sambutan dari masyarakat. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Polri memiliki satuan pasukan berkuda.

Sementara itu, General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana menyambut baik adanya patroli pasukan berkuda.

“Sangat mendukung sekali. Karena ke depan kami akan menuju go green jadi semuanya tanpa menggunakan mesin bahan bakar,” kata Putu.

Saat ini, TWC Borobudur sudah memiliki sejumlah fasilitas non polusiyang bisa dinikmati pengunjung. Di antaranya bus listrik dan sepeda.

“Maka kami mendukung sekali polisi patroli berkuda. Saya yakin akan menambah atraksi baru. Harapan ke depan, kondisi di kawasan Candi Borobudur akan nyaman dan menarik,” pungkasnya. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: