Polri Gratiskan Pembuatan SIM 1 Juli, Begini Syaratnya

BNews—NASIONAL— Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggelar program pembuatan SIM gratis berlaku se-Indonesia pada Rabu 1 Juli 2020.

Dalam program tersebut, masyarakat tidak akan dipungut biaya atas pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara biaya untuk uji kesehatan tetap berlaku normal.

Seperti diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM. Biaya PNBP pembuatan SIM A Rp120 ribu, SIM C Rp100 ribu dan SIM D Rp50 ribu.

Namun pembuatan SIM gratis ini ada memiliki syarat dan ketentuan. Salah satu ketentuan pembuatan SIM gratis antara lain hanya berlaku pada tanggal 1 Juli 2020.

Hal ini karena pembuatan SIM gratis itu digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020.

”Pembuatan sim gratis berlangsung serentak di seluruh Indonesia pas pada 1 Juli 2020 bersamaan dengan HUT Bhayangkara,” kata Kasubdi Regident Ditlantas Polda Jawa Timur, Adhitya Panji, Sabtu (29/6).

Syarat pembuatan SIM gratis lainnya adalah, hanya berlaku untuk kalangan tertentu. Dalam hal ini, kebijakan tersebut tergantung masing-masing daerah. Polda DI Jogjakarta misalnya, SIM gratis akan diberikan pada warga DIJ yang lahir pada 1 Juli dan berlaku untuk pembuatan SIM baru.

Loading...

”(Pemohon yang memenuhi syarat) bisa datang langsung ke Satpas SIM terdekat untuk melakukan pendaftaran,” terang Dirlantas Polda DIJ, Kombes Pol I Made Agus Prasatya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Satpas terdekat di setiap Polres yang ada di wilayah DI Jogyakarta. Yaitu Polres Bantul, Polres Gunungkidul, Polres Sleman, Polresta Jogyakarta dan Polres Kulonprogo.

”Untuk pendaftaran pemohon SIM gratis sudah dibuka dan pemohon bisa mendaftar di Satpas Polres terdekat di wilayah DIJ. Tidak ada kuota tertentu dan yang memenuhi syarat silakan ikut (pembuatan SIM gratis),” pungkasnya.

Sebagai tambahan, dikutip dari laman resmi korlantas.polri.go.id untuk mendapatkan SIM gratis, pemohon harus memenuhi syarat. Diantaranya dokumen yang perlukan seperti surat keterangan sehat, memenuhi persyaratan pembuatan SIM, lulus uji teori dan praktik. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: