Posko PPKM Mikro Desa Di Magelang Ini Dilengkapi Ruang Isolasi Mandiri

BNews–MAGELANG– PPKM Mikro membuat pihak Desa lebih memperhatikan kondisi covid-19 di wilayahnya. Termasuk terkait dengan lokasi isolasi bagi warganya yang terpapar covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh pihak Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Disana mereka menerapkan PPKM Mikro seja 15 Februari 2021 lalu.

Sebuah bilik posko induk didirikan di gedung serbaguna milik Desa Kembanglimur. Di lokasi tersebut juga dilengkapi dengan sebuah ruangan isolasi di sebelahnya dengan dua tempat tidur.

Logistik untuk isolasi mandiri disediakan dalam sebuah etalase. Meskipun sejak Desember hingga Februari, tercatat 0 kasus konfirmasi positif di Desa Kembanglimus.

Pihak desa juga mendirikan dua pos. Di dua dusun yang menjadi pintu masuk utama wilayah Kembanglimus.

Di dua pos itu, akses keluar masuk-warga dipantau. Terutama tamu dari luar. Mereka akan dicek suhu tubuh dan dicatat keperluannya. Khusus pendatang dari luar kota, diwajibkan membawa surat keterangan sehat.

Satgas Jogo Tonggo dan Organisasi Pengurangan Risiko Bencana (OPRB) bekerja sama dengan pemerintah desa. Di tingkat RT, mereka mendata kesehatan penduduk. Apapun sakit yang diderita warga akan dicatat. Bukan hanya yang bergejala Covid-19.

Bidan desa bekerja sama dengan Puskesmas Borobudur. Jika ada warga yang memiliki gejala Covid-19, akan melapor ke puskesmas untuk penanganan,” ujar Sekretaris Desa Kembanglimus Pindi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Di masa PPKM Mikro ini, acara hajatan turut dibatasi. Pihak desa hanya mengizinkan kapasitas tamu maksimal 25 orang. Meskipun Gugus Tugas Kabupaten Magelang mengizinkan maksimal 50 orang. Jajaran OPRB dan relawan yang bertugas mengawasi. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: