Ada 5 Jalur Masuk Kerja di Pertamina, Termasuk Bagi Lulusan SMA Sederajat

BNews–NASIONAL-– Bekerja di sebuah perusahaan besar ternama memang banyak didambakan oleh masyarakat. Apalagi perusahaan tersebut milik negara dan syarat pendidikan lulusan SMA/SMK sederajat juga punya peluang.

Perusahaan tersebut adalah  Pertamina. Badan Usaha Milik Negara atau BUMN ini punya banyak anak usaha di bidang penambangan minyak dan gas bumi.

Antara lain mulai dari PT Pertamina Lubricants sampai PT Pertamina Geothermal Energy. Dan tidak  heran, rekrutmen Pertamina selalu dicari setiap tahunnya.

Tahun ini, Pertamina Group membuka lowongan Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS Pertamina 2021 bagi lulusan S1/D4 dari berbagai jurusan pada bulan Juni lalu.

Lowongan Pertamina 2021 dibuka di https://recruitment.pertamina.com/ (KLIK) .

Di samping menerima S1 dan D4, rekrutmen Pertamina Group juga terbuka untuk lulusan D3 sampai lulusan SMA dan SMK, lho.

Junior Officer I Pertamina Maritime Training Center Ahmad Razak Mustafa menuturkan, ada lima jalur masuk Pertamina yang bisa dicoba pelamar dari berbagai jenjang pendidikan.

Lima jalur rekrutmen Pertamina yakni sebagai berikut:
1. Bimbingan Profesi Sarjana

Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS adalah jalur masuk Pertamina bagi lulusan S1 atau D4.

Tahapan BPS Pertamina 2021 yang harus dilalui para pelamar hingga diterima pada rekrutmen meliputi Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Online Test, Interview Online, Interview User & HC, Medical Check Up, Interview Top Management jika diperlukan, dan Yudisium.

Ahmad menuturkan, pelamar yang lolos BPS Pertamina akan menjalani masa pendidikan dan tes hingga ditetapkan menjadi pegawai tetap di Pertamina.

“Tidak langsung diangkat, tetapi ada masa pendidikan. Masa pendidikan ini beda dengan probation ya. Masa pendidikan diakhiri dengan tes untuk menentukan apakah ia layak jadi pegawai tetap atau tidak,” kata Ahmad dalam webinar BPS Pertamina 2021 di kanal YouTube Rumah Kepemimpinan, Jumat (16/7/2021).

2. Bimbingan Praktis Ahli (BPA)

Bimbingan Praktis Ahli atau BPA Pertamina diperuntukkan bagi lulusan D3. Program BPA dibentuk untuk menyediakan para kandidat yang potensial menjadi pemimpin dan memberikan perbaikan terhadap proses dan pengembangan tools sehingga dapat mempercepat proses bisinis.

3. Bimbingan Keahlian Juru Teknik (BKJT)

Bimbingan Keahlian Juru Teknik atau BKJT Pertamina diperuntukkan bagi lulusan SMA dan SMK. Pelamar yang terpilih akan mendapatkan Pre-Employment Training (PET) dan disiapkan sebagai tenaga operator yang ahli dan profesional di bidangnya.

4. Pekerja Waktu Tertentu (PWT)

Ahmad menjelaskan, sejumlah kebutuhan perusahaan di Pertamina Group bisa sewaktu-waktu mendorong pembukaan rekrutmen Pertamina dengan jalur pekerja waktu tertentu atau PWT. Ia mengatakan, jalur PWT Pertamina biasanya muncul dengan basis project based dan bergantung pada kebutuhan user.

“Kalau BPS BKJT itu tersentral, dikumpulkan dari bebagai kebutuhan direktorat dan diakumulasi sebelum ditayangkan (di laman rekrutmen Pertamina). Sementara itu, PWT bisa dibuka di tengah atau awal tahun sesuai kebutuhaan user,” jelasnya.

5. Internship

Ahmad mengatakan, Pertamina juga membuka jalur Internship untuk fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus. Ia menambahkan, Internship Pertamina berdurasi selama satu tahun dengan gaji.

“Ini jalur rekrutmen Pertamina yang paling rutin. Jadi kalau ada teman-teman baru lulus banget, mau coba Internship, sangat dibuka untuk bergabung bersama kami. Kamu bisa merasakan atmosfer bekerja di Pertamina seperti apa, sebelum masuk sebagai pegawai tetap,” jelas Ahmad.

Ia mengatakan, sejumlah anak perusahaan Pertamina Group terkadang masih jalur rekrutmen mandiri seperti pembukaan jalur PWT atau experience hire di luar mekanisme di atas.

Ahmad menekankan, seluruh informasi rekrutmen Pertamina diumumkan di recruitment.pertamina.com. Untuk itu, calon pelamar lowongan Pertamina harus berhati-hati atas pengumuman lowongan Pertamina yang tidak diumumkan di situs resmi rekrutmen Pertamina di atas. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: