PPMT UNIMMA Dampingi Pelaku UMKM Urus Ijin Usaha

BNews–MAGELANG-– Mahasiswa PPMT Periode II Universitas Muhammaddiyah Magelang (UNIMMA) Glagahombo dampngi masyarakat dalam  hal perijinan.  Karena hal tersebut dinilai cukup penting bagi para pelaku usaha.

Kelompok tersebut diketuai sekaligus sebagai dosen pembimbing yakni Barkah Susanto, S.E., M.,Sc., Ak. Sementara anggotanya adalah  Salma Nuralifa, Restia Riza Erlida, Novia Nurul Chalida, Fadilla Anatasya Almas, dan Fiki Maulana.

Kelompok PPMT tersebut memberikan fasilitas pelayanan pengurusan Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bagi UMKM. Khususnya UMKM yang berada di Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

Proses pelayanannya dan pendampingannya sendiri bertempat  di Balai Desa Mangunsari beberapa waktu lalu.

Mereka menggandeng Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (DISDAGKOPUKM) Kabupaten Magelang, untuk menjalankan kegiatan PPMT. Seperti mengadakan sosialisasi dan demo pembuatan IUMK untuk membantu warga dalam membuat izin usaha mikro kecil.

Pelayanan pengurusan IUMK ini diawali dengan sosialisasi yang dihadiri oleh 30 pelaku usaha mikro pada 11 November 2020 lalu. Acara berlangsung sangat tertib dengan mematuhi protokol kesehatan mengingat saat ini masih berada dalam masa pandemic covid-19.

Acara sosialisasi dibuka oleh Puas Widodo selaku Kepala Desa Mangunsari. Dia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada narasumber serta mahasiswa PPMT UNIMMA.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISIINI)

“Dikarenakan saat ini kurangnya informasi dan pengetahuan terkait pentingnya kepemilikan izin usaha bagi para pelaku usaha mikro kecil di Desa Mangunsari. Oleh sebab itu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Desa kami,” katanya.

Menurutnya, antusias warganya yang memiliki UMKM sangat bagus sekali. Pemilik usaha berbondong-bondong membawa persyaratan dan  mereka sangat senang karena hasilnya langsung jadi pada hari itu juga.

“Dengan adanya legalitas usaha ini maka bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pelau usaha UMKM di Desa kita,” imbuhnya.

Proses pendampingan PPMT UNIMMA di Balai Desa Mangunsari Sawangan
Proses pendampingan PPMT UNIMMA di Balai Desa Mangunsari Sawangan

Menariknya, kata dia ternyata momen ini juga dimanfaat oleh para ibu rumah tangga. Salah satunya adalah yang memiliki keahlian memasak untuk membuat makanan ringan lalu menjualnya.

“Usaga ini kemudian didaftarkan legalitas usahanya. Saya juga terus  mengimbau kepada seluruh masyarakat pelaku usaha untuk memanfaatkan moment ini; khususnya bagi warga Desa Mangunsari untuk segera mendaftarkan legalitas usahanya,” tandasnya.

Sementara Sudarsono, SH, selaku Kepala Seksi Bimbingan dan Jaringan Usaha DISDAGKOPUKM Kabupaten Magelang turut hadir dalam acara tersebut. Ia menuturkan bahwa pengurusan IUMK yang dilakukan saat ini gratis dan sangat mudah karena hanya melalui aplikasi website secara online.

“Dalam sebulan terakhir, total pemilik usaha yang telah mendaftarkan izin usahanya mencapai 74 pelaku usaha. Puluhan pendaftar itu berasal dari 7 dusun, yaitu dusun Glagahombo, Bengan Lor, Bengan Kidul, Njapunan, Gadingsari, Wonolobo, Kenteng,” tambahnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: