Kedes di Secang Korupsi Dana Desa Rp 400 Juta Jalani Persidangan

BNews–MUNGKID- Satu mantan Kepala Desa sedang menjalani proses sidang kasus korupsi dana desa. Ia adalah Anwari, 50, mantan Kades Donomulyo Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.

Tersangka ini terbukti melakukan korupsi Dana Desa total kurang lebih sebesar Rp 400 juta. Uang itu berasal dari 3 proyek infratruktur desa fiktif yakni pipanisasi, jalan usaha tani dan talud. Serta dari satu proyek infrastruktur desa, pembangunan gedung olahraga yang tidak sesuai spek.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang, Rivo CH.M. Medellu saat pres rils mengatakan jadi ini Kepala Desa yang juga memegang dan membelanjakannya dana desa sendiri, bukan bendaharanya.

“Mantan kades ini melakukan aksinya sekitar tahun 2018-2019. Dan kasus ini terungkap setelah tersangka mencalonkan menjadi Pilkades kemarin dan kalah. Ditambah kita dapat informasi dari lapangan terkait penyimpangan ini,” katanya (17/3/2020).

“Dan dari pengakuan tersangka kepada kami kemarin saat penyelidikan, uangnya dipergunakan untuk kepentingan pribadi,” imbuhnya.

Kini tersangka sudah mengikuti persidangan untuk kesekian kalinya. “Untuk sidang berikutnya Rabu besok agendanya mendengarkan saksi yang meringankanya. Dan rencana 5-6 kali sidang lagi yang akan diikuti oleh tersangka ini hingga putusan,” pungkasnya. (bsn)

1 Comment
  1. Antonius Suprapto says

    Perangkat desa yang lain perlu disisir juga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: