Pria yang Viral Tolak Pemakaman Jenazah Perawat di Semarang Turut Diamankan Polisi

BNews—SEMARANG— Pria yang viral dan paling banyak dicari nitizen terkait kasus penolakan pemakaman jenazah perawat korban Covid-19 di Desa Sekawul Ungaran Barat Kabupaten Semarang tutut diamankan. Total ada tiga orang yang kini dibawa ke Mapolda Jawa Tengah.

Ketiganya dijemput petugas Polda dan Polres Semarang, Sabtu (11/4/2020) siang di rumah masing-masing. Tidak ada perlawanan saat petugas datang, ketiga warga tidak keberatan ketika dibawa ke petugas meski sempat memberikan penjelasan pembenaran terkait aksi mereka menolak pemakaman jenazah di TPU Sewakul dengan alasan menolak atas keinginan warga setempat.

“Tadi siang sudah dijemput petugas di rumah masing-masing. Orangtua Purbo (Ketua RT, red) juga ikut menyaksikan. Tidak ada perlawanan, suasana tenang ketika mereka dibawa petugas,” ujar Yon (49), warga yang tinggal tidak jauh dari dusun Sewakul.


Informasi dikumpulkan ungarannews menyebutkan identitas ketiga warga yang diamankan, yakni Tri Hanggono Purbo (31), Bambang Sugeng Santoso (54), dan Sutadji (60) masing-masing merupakan warga Sewakul.

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono ketika dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Ketiganya sudah dibawa ke Polda Jateng dan menjalani pemeriksaan.

“Benar (ketiga warga diamankan, red). Diperiksa di Polda Jateng,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan ketiga warga masih menjalani pemeriksaan. Pasal yang akan dikenakan pada ketiga warga yakni pasal 214 KUHP ayat (1) berisi tentang paksaan dan perlawanan berdasarkan pasal 211 dan 212 KUHP.

Ancaman hukuman terhadap pelanggar pasal ini bisa dipidana maksimal tujuh tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, jenazah warga Ungaran Timur yang meninggal karena positif Covid-19 sempat terlunta-lunta karena pemakamannya ditolak warga. Rencana jenazah seorang perawat tersebut akan dimakamkan berdampingan dengan makam ayahnya di TPU Sewakul, Ungaran Barat, Kamis (9/4/2020) sore. (her/wan)

1 Comment
  1. Haqqie says

    Syukurlah. Spy mjd pelajaran buat yg lain, g sok sok an menyulitkan orang yg sdg kesusahan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: