Pro Kontra Film Tilik Bu Tejo, ini Penjelasannya

BNews—YOGYAKARTA—Film Tilik tengah menjadi perbincangan banyak kalangan, setelah diunggah di akun Youtube Ravacana Films. Bahkan selama beberapa hari, film ini menduduki tangga trending topik di media sosial twitter.

Kendati demikian, film berdurasi 30 menit ini mendapat pro kontra. Film yang menceritakan perjalanan ibu-ibu perdesaan menaiki truk untuk tilik atau menjenguk orang sakit ini disebut-sebut minim edukasi.

Peran Bu Tejo yang dimainkan oleh Siti Fauziah juga menunai banyak pujian. Pembawaannya dalam memerankan karakter suka bergosip serta pamer dinilai sukses. Namun dibalik itu, ada juga yang memberikan pendapat kontra. Salah satu yang menjadi bahasan adalah akhir cerita film ini.

Pada akhir cerita ini terdapat adegan dimana sosok Dian yang menjadi perbincangan warga selama perjalanan, masuk ke dalam sebuah mobil jenis sedan berwarna hitam. Di dalam mobil itu ada sosok pria yang diduga mantan suami Bu Lurah. Tak hanya bercakap, keduanya menunjukkan kemesraan.

Sutradara film Tilik, Wahyu Agung Prasetyo menjelaskan film ini mengusung cerita yang sangat kompleks. Ia pun tak menampik adanya kritikan atas karyanya tersebut, justru dapat membuka ruang diskusi bagi siapapun yang ingin memberikan masukan.

”Harapannya karena ini meledak, bisa dilihat dari sudut pandang distribusinya. Bagaimana film pendek bisa diterima semasif ini,” jelasnya. Dikutip dari Solopos.

Sementara itu, menurut Sineas Solo, Bani Nasution setiap filmmaker penting untuk mengetahui cara punya statement yang kuat dan benar. Tak bisa asal viral dan ditonton banyak orang.

”Itu yang aku lihat masih banyak yang bolong. Misalnya (Tilik) secara kemasan dan gambar apik, akting apik, cuman kan statement-nya bermasalah. Misal para pemain perempuan di dalam truk dibuat tak semua berkerudung misal, itu sudah menyelamatkan. Kenapa harus berkerudung semua. Kenapa 30 menit hanya gibah tok,” kata dia, Minggu (23/8/2020). (*/mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: