Program Jogo Tonggo di Grabag Magelang Diapresiasi Dinas Kesehatan

BNews—MAGELANG—Dengan adanya kasus Covid-19 yang terus bertambah, peran serta masyarakat terus digencarkan dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Salah satunya dengan program Jogo Tonggo.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menyematkan salah satu wilayah dengan Jogo Tonggo yang patut untuk dicontoh wilayah lain. “Program Jogo Tonggo sudah tercermin di Dusun Krajan, Desa Grabag, Kecamatan Grabag. Dalam pelaksanannya, satuan tugas di Grabag sangat memberikan dukungan terhadap pasien isolasi mandiri,”  kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo, Jumat (16/10/2020).

Lanjut Dwi, di desa tersebut segala kebutuhan seseorang yang sedang manjalankan isolasi mandiri dapat dipenuhi. ”Di sana ketika ada yang melakukan isolasi mandiri, dukungan satgas covid desa/kecamatan begitu kuat. Semua kebutuhan saat isolasi mandiri dicukupi, bahkan hingga kuota internet pun dibelikan,” terangnya.

Hal yang perlu dicontoh wilayah lain adalah tingkat kepeduliannya yang sudah tercermin di dusun/desa tersebut. ”Aspek kepedulian, gotong royong sudah tercermin di Dusun Krajan. Satgas Covid, puskesmas serta institusi lain yang tergabung dalam satgas penanganan covid di kecamatan itu sudah jalan sejak awal corona,” ujar Dwi.

“Di setiap posko di dusun Krajan, ketika ada orang lewat naik motor tidak mengenakan masker, harus balik mengambil masker dan setiap ada orang asing yang datang pasti diinformasikan langsung ke puskesmas,” sambungnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Nanda Cahyadi Pribadi selaku Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Magelang, meminta warga untuk terus meningkatkan kesadaran terhadap protokol kesehatan. Nanda mengakui bahwa kejenuhan mungkin memang sudah ada di kalangan masyarakat.

Loading...

”Kejenuhan dari pasien yang terisolasi mandiri, mungkin dari sisi manusiawi wajar. Tetapi tugas kita di lapangan baik dari wilayah daerah RT/RW dan yang ada di Satgas akan terus berusaha agar masyarakat terlayani dengan baik,” ujar Nanda.

Nanda juga menyampaikan bahwa gotong royong lingkungan masyarakat perlu ditingkatkan. “Intinya gotong royong akan terus kita jalankan dengan upaya agar pandemi bisa diatasi bersama,” imbuh dia.

“Salah satunya dengan memperkuat dan mendorong masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan. Pengawasan yang paling tepat adalah pengawasan terhadap diri kita sendiri, tingkat kesadaran diri sendiri harus kita dorong,” lanjutnya.

Nanda juga mengingatkan warga untuk saling menjaga satu sama lain. “Jangan hanya karena petugas lalu menggunakan masker, tetapi kita semua meyadari bahaya ini dan saling menjaga. Harus tumbuh kesadaran pada diri kita dan salah satunya dengan gotong royong,” pungkasnya. (magang/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: