Quota Sertifikat Tanah Gratis di BPN Magelang Masih Banyak

BNews—MUNGKID—Masyarakat yang ingin membuat sertifikat tanah gratis di wilayah Kabupaten Magelang secara gratis masih terbuka lebar. Program Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) masih memiliki quota 30 persen.

Kepala BPN Kabupaten Magelang Bintarwan Widhiatso mengatakan proses pembuatan sertifikat didanai oleh APBN. Sejauh ini masih banyak quota yang disediakan.

“Namun yang diproses secara cuma-cuma tersebut, bila berkas persyaratanya masuk BPN dan dinyatakan lengkap. Untuk bisa memenuhi kelengkapan persyaratan, menjadi tanggungjawab pemohon,” katanya, kemarin.

Yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) meliputi pendaftaran, pemeriksaan berkas, pengukuran dan penerbitan sertifikat.

Di tahun 2017, target sertifikasi tanah Prona 2017 sebanyak 17.500 bidang. Sementara petugas ukur tanah BPN Kabupaten Magelang seluruhnya 20 orang. Target itu dikhawatirkan bisa tak tercapai jika tidak ada pendampingan di desa atau dusun.

Dia menegaskan, anak buahnya dilarang menerima uang dari panitia desa atau dusun dengan alasan apapun. Jika sampai nekat melanggar, menjadi tanggungjawab sendiri, bukan kantor.

“Biaya sekitar Rp 500 ribu masih cukup wajar jiak dibandingkan pensertikatan reguler. Tetapi jika menarik sampai Rp 2 juta, itu namanya mencari untung,” katanya. (bsn/bn1)

10 Comments
  1. Antonius Suprapto says

    Saya warga Kapling Timur B 2.3 Rt 02 Rw 02 ingin sertifikatkan gratis tanah yang masih leter c.
    Bagaimana caranya

    1. Bayu says

      Silahkan langsung kantor Badan Pertanahan Negara, kantronya seberang Polres Kabupaten Magelang

  2. Antonius Suprapto says

    Kota Borobudur Magelang

  3. Prayitno setiyo darmo says

    Saya mau nanya
    Sertifikat alm. Orng tua saya gak tau dmna udah lama di cari gak ktmu sejak di bongkar rmh saya . Tpi saya punya nyimpen foto kopiannya . Bisakah saya mengurus ato mebalin atas nama saya ????
    Klo bisa syartnya apa ya

    1. ADMIN 3 says

      Coba tanya Letter D di Kantor Desa, atau enggak buat lagi lewat desa dan beberapa saksi. serta anggota keluarga lainnya di kantor desa dulu baru ke badan pertanahan,

  4. zaenal arifin says

    Slmt siang.. Sya punya lahan di kec .pakis desa kaponan magelang,dn masih bntuk leter d, ini sya mau coba buat sertifikat tanah? Untuk syarat lengkap ny apa ya pak? Apakh program prona masih? Jika masih sngt mmbntu dn mringnkn sekali..Jika masih quota brp% lgi? Dn secepatny sya mau proses… mohon bantuanny untuk mnjlaskn.. Terima kasih

    1. BNews 2 says

      silahkan datang langsung ke Badan Pertanahan Nasional cabang Kabupaten Magelang, lokasinya berada di depan Polres Magelang di sawitan

  5. Ishak Apt says

    Sampai kapan berlaku nya prona ini pak

  6. Eka Dyah Astuti II says

    Mohon ijin bertanya. Apakah benar ada biaya penanganannya 150k? Terima kasih

  7. Antonius Hartono says

    Kapan ada lagi prona lagi, dan bisa dapat info itu sampai kami untuk ikut pembuatan sertifikat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: