Ramalan Jayabaya Paling Terkenal, “Pulau Jawa Terbelah Dan Kreta Tanpa Jaran”

BNews–MAGELANG– Masyarakat jawa mesti tidak asing dengan nama Prabu jayabaya dari Kerajaan Kediri. Ia menjadi tokoh yang sangat melegenda dalam sejarah Nusantara.

Jayabaya adalah seorang tokoh yang melahirkan kitab ramalan yang sampai saat ini dianggap masih relevan; dan dipercaya sebagai mitos oleh sejumlah masyarakat, yaitu Jangka Jayabaya.

Dikutip dari Wikipedia, Kamis (25/11/2021), nama besar Jayabaya tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa.

Namanya muncul dalam berbagai kesusatraan Jawa era Mataram Islam, seperti pada Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa. Konon, Jayabaya adalah titisan Wisnu yang berasal dari negara Widarba.

Beberapa hal yang terjadi di Indonesia masa kini sering kali dikaitkan dengan ramalan Jayabaya. Dihimpun dari berbagai sumber; berikut sejumlah ramalannya yang cukup populer:

Pulau Jawa Terbelah

Salah satu ramalan Jayabaya yang paling terkenal adalah Pulau Jawa akan terbelah untuk kali kedua. Ramalan ini dikaitkan dengan aktivitas vulkanik Gunung Slamet yang membentang di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal.

Dalam ramalan itu disebutkan jika Gunung Slamet meletus, maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Cerita ini sudah lama berkembang di kalangan warga lereng gunung dan menjadi mitos yang dipercaya sampai sekarang.

Kreta Tanpa Jaran

Jayabaya sempat memprediksi manusia akan tidak berjalan lagi di masa depan, sehingga muncul ramalan soal kreta tanpa jaran atau dalam bahasa Indonesia dimaknai sebagai kereta tanpa kuda, yang saat ini berupa kendaraan bermotor.

Wong wadon lacur ing ngendi-endi

Prabu Jayabaya juga sempat meramalkan fenomena seks bebas yang saat ini marak di tengah masyarakat. Dalam Kitab Jangka Jayabaya pernah diungkapkan bahwa nanti akan banyak kaum laki-laki dan perempuan yang akan kehilangan rasa hormat sampai rasa malu. Hal ini menunjukkan penyimpangan perilaku manusia di masa mendatang. Jayabaya mengatakan banyak perawan tua, janda hamil tanpa suami, serta wanita hamil di luar nikah.

Bencana Alam

Ramalan yang cukup populer dari Jayabaya adalah bencana alam dahsyat yang menimpa masyarakat Indonesia di masa mendatang. Jayabaya mengatakan musim penghujan yang tidak teratur bisa jadi menyebabkan banjir bandang. Bahkan bisa juga musim penghujan tidak datang sama sekali, sehingga menyebabkan kekeringan.

Selain bencana tersebut, Jayabaya juga meramalkan terjadinya gempa bumi yang menelan banyak korban. Selain itu ada juga fenomena alam misterius berupa gerhana bulan dan gerhana matahari. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: