Resmikan Sejumlah Infrastruktur Publik, Walikota Magelang: Segera Fungsikan

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang meresmikan sejumlah proyek infrastrukur yang dikerjakan selama tahun 2020. Acara dilaksanakan di gedung baru Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Rabu (3/2/2021).

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Magelang Sigit Widyonindito dan dihadiri berbagai unsur baik dari pemerintah maupun swasta. Acara digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat; mulai dari para tamu diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, cek suhu tubuh hingga menjaga jarak antar individu.

Sebagai informasi, gedung DPUPR Kota Magelang menjadi salah satu proyek yang siap dioperasionalkan tahun 2021 ini. Gedung yang dibangun dengan dana Rp16,7 miliar ini memiliki tiga lantai dan terlihat unik.

Bangunan gedung ini terinspirasi dari bangunan cagar budaya Water Toren, Magelang. Rencananya, gedung DPUPR Kota Magelang akan dijadikan proyek percontohan (pilot project) untuk proyek pembangunan gedung-gedung lainnya di Kota Magelang.

Selain itu, ada proyek pembangunan gedung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang. Gedung dua lantai senilai Rp8,6 miliar ini dibangun dengan mengusung konsep eco building, memakai panel surya sebagai sumber listrik, serta menghadirkan banyak tanaman dan pepohonan rindang. Kemudian ada beberapa proyek lainnya yang juga sudah selesai dibangun dan siap digunakan.

”Peresmian dilaksanakan untuk dua tahun anggaran. Karena diketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 telah membuat semua program dan kegiatan Pemkot Magelang difokuskan untuk penanganan Covid,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono saat sambutan acara peresmian, Rabu (3/2/2021).

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan bahwa hari ini acara peresmian hasil pembangunan Kota Magelang tahun anggaran 2019/2020. Meskipun progres tersebut seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu namun terkendala pandemi Covid-19.

”Progresnya tahun 2019 harusnya dilaksaksanakan tahun 2020, namun ada Covid-19. Jadi maklum, yang penting rakyatnya sehat,” jelasnya.

”Tetapi yang (tahun) 2019 langsung digunakan supaya manfaat bagi rakyat. Sedangkan yang 2020 baru kita gunakan, resmikan sekarang. Supaya segera difungsikan,” sambungnya.

Terkait investasi di tahun 2021, kata Sigit, hal itu mungkin bisa dilanjutkan oleh walikota yang baru. ”Saya tinggal beberapa hari (menjabat). Itu biar dilanjutkan oleh bapak walikota yang baru,” ujar dia. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: