Kebakaran Merbabu Terus Meluas, Dibutuhkan Helikopter

BNews–PAKIS— Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Merbabu terus meluas. Bahkan, area kebakaran yang semula hanya di Magelang telah melebar hingga ke Boyolali.

Kepala Pelaksana BPBD Boyolali Bambang Sinungharjo mengatakan api terpantau sudah memasuki Kawasan perbatasan Boyolali. Tepatnya di Ampel dan Selo.

Advertisements


Besarnya kebakaran membuat pihaknya belum menurukan personel ke lokasi kebakaran. “Belum. Apinya masih sangat besar. Kita masih melakukan pemantauan,” katanya kepada awak media.


Pihaknya baru sebatas mendirikan Posko Tanggap Bencana di Selo Boyolali. Juga berkoordinasi dengan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatkaan hingga malam tadi, kebakaran di Gunung Merapi masih terus terjadi. Pihaknya masih menunggu kemungkinan akan diterjunkannya helicopter dan bom air.

Edy mengatakan sejauh ini, sudah lebih dari 200 hektar lahan di Kawasan Gunung Merbabu yang terbakar. Kebakaran ini, bisa berdampak pada munculnya ancaman bencana lain seperti tanah longsor dan kekeringan. “Karena disitu daerah tangkapan air,” kata dia.

Hingga malam tadi, laporan dari jurnalis borobudurnews.com di Pos Swanting Pakis Kabuapten Magelang api masih terus menyala. Angin besar yang terjadi membuat api semakin membesar.

Sebagaimana diberitakan, kebakaran di Gunung Merbabu terbakar sejak Rabu (11/9) kemarin. Api terus meluas dan menerjang apapun yang ada di dekatnya.

Ratusan pendaki sudah dievakuasi turun. Jalur pendakian juga sudah ditutup untuk seluruhnya sampai batas waktu yang belum ditentukan. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: