Ribuan Warga Lereng Merapi Magelang Antusias Ikuti Program Vaksinasi Massal

BNews–MAGELANG— Antusias ribuan warga lereng Merapi di Magelang ini ikuti program vaksinasi massal kemarin (27/9/2021). Mereka adalah warga Desa Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, yang secara bergantian datang ke halaman Kantor Desa.

Program vaksinasi massal ini terlaksanan berkat kerja sama Pemdes Sewukan dengan Kodim 0705 Magelang. Dan menariknya lagi, program vaksinasi ini tidak ditawarkan kepada warga, namun kemauan warga sendiri cukup tinggi.

Sehingga warga inisiatif mendaftar terlebih dahulu melalui perangkat desa setempat. Dari daftar yang masuk ke pihak Pemerintah Desa, jumlah warga Sewukan yang ingin mengikuti Program Serbuan Vaksinasi Kodim 0705 Magelang sangat tinggi, lebih dari target awal yakni 1.000 dosis.

Tingginya minat masyarakat itu membuat Pemerintah Desa Sewukan meminta tambahan jumlah vaksin.

“Program sewu (seribu) vaksin untuk Sewukan, tapi di akhir pendaftaran jumlahnya melonjak. Jadi kami siapkan 1.300 untuk cadangan,” kata Kepala Desa Sewukan, Yeyen Rifai di sela kegiatan tersebut.

Vaksinasi massal ini digelar di halaman kantor Desa Sewukan. Guna menghindari kerumunan, warga dari sejumlah dusun ini datang sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia.

Dijelaskan Yeyen, karena memang saat ini vaksin begitu menjadi kebutuhan masyarakat. Selain untuk kesehatan, vaksinasi juga menjadi salah satu syarat untuk masuk sejumlah tempat yang menerapkan Prokes ketat diantaranya sudah memiliki sertifikat vaksin.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lebih lanjut ditambahkan Yeyen, sasaran vaksinasi kali ini khusus untuk semua warga yang berusia di atas 12 tahun. Sementara program vaksinasi di Desa Sewukan sementara ini baru menyentuh lansia dan kader Posyandu.

“Bagai gayung bersambut, di saat banyak warga Desa Sewukan yang menunggu program vaksinasi, Kodim 0705 Magelang membuka peluang itu. Program Serbuan Vaksinasi ini tentu diharapkan dapat menambah angka warga yang tervaksinasi,” imbuhnya.

Jumlah warga Desa Sewukan terdiri dari 6 Dusun, mencapai 2.500 jiwa. Sedangkan jumlah warga di atas usia 12 tahun sekitar 1.300 orang.

“Jumlah warga yang divaksinasi baru 20an persen. Dengan sasaran hari ini harapannya nanti sesuai anjuran pemerintah sampai 70 persen,” ungkap Yeyen.

Selain kebutuhan, vaksinasi ini juga sebagai upaya membentuk herd imunity komunal atau kekebalan warga Sewukan dalam mengantisipasi bahaya erupsi letusan dari Gunung Merapi.

Apabila Merapi sewaktu-waktu mengharuskan warga mengungsi maka tidak menimbulkan rasa khawatir terpapar Covid-19 saat berada di pengungsian.

Mengingat berada di kawasan rawan bencana Merapi, Pemerintah Desa Sewukan bertekad menuntaskan vaksinasi untuk semua warganya hingga akhir tahun ini.

“Setelah ini kita evaluasi berapa jumlah warga yang sudah dan belum tervaksinasi. Untuk menentukan langkah lanjutan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: