Ritual Sesuci Kali Elo dan Tebar Benih Ikan Bukti Bakti Sungai

BNews–MUNGKID– Ribuan benih ikan dilepaskan dialur kali elo pagi ini (5/7). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Festival Kali Elo 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang.

Sebelum penebaran benih ikan dilakukan ritual sesuci elo dari sanggar Warangan Merbabu  Pakis. Puluhan gadis cantik mengikuti ritual ini dengam iringan musik kidung wahyu kolosebo.

Mereka  melakukan tarian kolosal dan doa sesuci elo. Selanjutnya mereka naik panggung utama untuk doa bersama tamu undangan yang hadir.

Rombongan ritual mengajak tamu undangan menuju ke pinggir sungai untuk melepaskan benih ikan malem dan beyong yang disediakan oleh Dinas Peterikan Kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya, Iwan Sutiarso selaku Kepala Disparpora Kabupaten Magelang mengatakan bahwa ini merupakan salah satu rangkaian Festival Kali Elo 2019. “Selain sebagai ajang promosi wisata Magelang, kegiatan ini juga sebagai simbol ajakan masyarakat untuk mencintai lingkungan. Khususnya Kali Elo dan edemik yang ada didalamnya,” Katanya.

“Meskipun acara pembukaan resmi akan dilakukan nanti malam, namun rangkaian sudah dimulai sejak kemarin mulai bersih kali elo,” Imbuhnya.

Iwan Sutiarso bersama tamu undangan juga melakukan penanaman pohon di bantaran sungai elo. “Semoga tanaman ini dan ribuan lain yang akan ditanam di bantaran sungai dapat bermanfaat sebagai resapan air,” tandasnya.

Sementara kegiatan parade perahu rafting hias akan dimulai Jumat siang pukul 13.00 wib. Untuk star dimulai di Pare Blondo dan finish di Kaling Kalih Bojong Mendut Kota Mungkid. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: