Rp 27 Miliar Begini Desain Gerbang Kapal Raksasa di Klangon Perbatasan Jogja Magelang

BNews—JOGJA— Jembatan Klangon di perbatasan Kulonprogo dan Kabupaten Magelang telah dimulai pengerjaannya. Proyek dengan pagu anggaran Rp 27 miliar itu diharapkan akan segera rampung.

Pantuan borobudurnews di LPSE Kementrian PU, proses lelang gerbang ini sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Pemenang pekerjaan adalah PT Sari Gunung Mataram Sakti.


Perusahaan asal Kulonprogo ini menjadi pemenang lelang dengan nilai penawaran Rp 21 Miliar. Mengalahkan 134 peserta lainnya.


Pantuan dilapangan, proyek pekerjaan gerbang pertama ini sudah dimulai. Para pekerja nampak mulai melakukan penataan tebing tebing di lokasi.


Pintu gerbang ini, akan dibangun tepat di Pinggir Kali Progo. Bentunya kapal raksasa samudraraksa.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Gerbang Klangon menjadi titik peristirahatan wisatawan yang memulai perjalanan dari Bandara Yogyakarta International Airport menuju Candi Borobudur. Sehingga akan ditata menjadi rest area dan ruang terbuka publik.

Penataan gerbang yang terletak di Jalan Nanggulan Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kali Bawang, Kabupaten Kulon Progo tersebut meliputi pembangunan pusat informasi wisata dan sclupture Klangon.

RENCANA : Begini maket jembatan Klangon Kulonprogo Jogjakarta

Kemudian, ada pusat kuliner, kios oleh-oleh, mushola, deck view point, area parkir. Lalu, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPST), dan toilet.


Selain itu juga dilakukan penataan pedestrian/trotoar, drainase, street furniture, dan lansekap di jalur eksisting serta dibangun relief dari batu sebagai ikon Gerbang Klangon dengan tema Samudraraksa, yang merupakan salah satu kapal kayu bercadik khas Nusantara dengan mempresentasikan kebudayaan bahari purbakala.


Dengan penataan koridor utama Candi borobudur diharapkan mampu menciptakan penataan ruang publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah melalui berbagai macam strategi.

Sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: