Sabtu Literasi, Pembiasaan Pagi SD Negeri Magersari 3 Aksi Gelis Magesti

BNews-MAGELANG- Di bawah lembah Gunung Tidar, SD Negeri Magersari 3 mengadakan pembiasaan pagi yaitu Aksi Gelis Magesti. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan mahasiswa PLP 1 Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kali ini, Siswa kelas 5 berkesempatan menampilkan ajang kreasi berpa Tari Dewi Bulan dan membaca puisi. Tujuan dari pembiasaan sabtu literasi adalah melatih kepercayaan diri siswa dan bakat siswa.

Hal tersebut dikatakan oleh Pak Joko selaku guru SD Negeri Magersari 3. “Kegiatan literasi bermanfaat bagi para siswa sebagai tempat berekspresi dan melatih kepercayaan diri,” katanya.

Kegiatan ini diawali dengan pembiasaan apel pagi, do’a bersama dan pembinaan siswa oleh guru dilanjutkan; siswa menampilkan bakatnya yaitu Tari Dewi Bulan dan membaca puisi dengan disaksikan oleh seluruh siswa; guru dan mahasiswa PLP 1 Universitas Muhammadiyah Magelang.

“Aksi Gelis Magesti menjadikan siswa lebih percaya diri dan dapat mengembangkan bakat siswa,” imbu Rina selaku Kepala Sekolah SD N Magersari 3.

Manfaat kegiatan Aksi Gelis Magesti adalah mengembangkan bakat minat siswa, kepercayaan diri, dan tanggung jawab. Pada kegiatan ini, semua siswa berkesempatan untuk menampilkan bakat mereka masing-masing dengan bergiliran perkelas setiap minggunya.

“Kegiatan ini diharapkan seluruh siswa ikut berpartisipasi untuk menampilkan bakat mereka masing-masing agar bakat mereka terasah,” harapnya.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA (KLIK)

Aksi Gelis Magesti atau Ajang Kreasi Seni dan Gerakan Literasi adalah pembiasaan sabtu pagi yang dilaksanakan; oleh siswa dan guru SD Negeri Magersari 3. Latar belakang kegiatan ini bermula kegiatan program guru penggerak yang diikuti salah satu guru dari SD Negeri Magersari 3 yaitu Melisa Dianawati S.Pd sebagai guru penggerak.

Dalam program guru penggerak ini guru dituntut membuat program untuk anak dimana program ini dapat bermanfaat bagi siswa dan sekolah. Dilihat dari kondisi siswa-siswi SD Negeri Magersari 3 yang beraneka ragam memiliki berbagia macam bakat yang terpendam; akan tetapi belum ada wadah untuk mengembangkannya.

Bercermin dari latar belakang tersebut dan berbagai referensi dari sekolah lain yang telah mengadakan wadah; untuk mengembangkan bakat siswa terlebih dahulu. Maka SD Negeri Magersari 3 memberikan wadah bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka.

“Aku senang di kegiatan Aksi Magesti ini, karena bisa menampilkan tari dan puisi’’. Lewat pembiasaan ini; siswa diberikan kesempatan untuk memunculkan bakat minat siswa terkait seni dan literasi. Karena literasi sangat penting untuk siswa. Literasi tidak melulu tentang membaca buku saja, tetapi memiliki macam yang lain seperti menggali informasi dan lain sebagainya,” ujar Citra salah satu siswa.

Dari Aksi Gelis Magesti ini diharapkan mampu mengasah kreativitas serta bakat siswa. Dan juga memberikan dampak positif bagi siswa dan sekolah; dalam pengembangan prestasi dan akademis. Semoga kegiatan ini dapat membentuk karakter siswa yang berani dan terampil serta menjadi siswa yang merdeka. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!