SAH !! 63 Panwas Kecamatan se Kabupaten Magelang Resmi Dilantik

BNews-MAGELANG– 63 anggota panitia pengawas (panwas) kecamatan di Kabupaten Magelang telah dilantik (25/5/2024) di Gedung PDAM. Pelantikan ini untuk tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M. Habib Saleh di Magelang, Kamis, mengatakan bahwa kesempatan ini pihaknya telah melantik sebanyak 63 anggota panwas kecamatan.

“Dari 63 yang dilantik, terdiri atas 62 orang atau 98 persen adalah panwas kecamatan pada Pemilu 2024. Hanya terdapat satu orang yang baru. Mekanisme yang dilakukan oleh bawaslu adalah evaluasi kinerja,” katanya.

Menurut dia, panwas kecamatan pilkada ini juga menjadi bukti bahwa pihaknya menghargai adanya peran perempuan. Dari 63 anggota panwas kecamatan yang dilantik, terdapat 20 perempuan.

“Kami mengafirmasi peran perempuan dalam penyelenggaraan pemilu dan ini sudah memenuhi kuota perempuan,” katanya.

Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto mengucapkan selamat kepada seluruh anggota panwas kecamatan se-Kabupaten Magelang yang baru saja dilantik.

Sepyo berharap anggota panwas kecamatan dapat segera menjalankan amanah tugas dengan sebaik-baiknya dengan harapan menjadikan berjalannya pilkada sesuai dengan tahapan dan ketentuan yang berlaku.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA (KLIK DISINI)

Ia menekankan agar para anggota panwas kecamatan benar-benar memahami tugas utamanya dan menjalankan secara profesional, menjunjung tinggi kode etik, bersikap netral, dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mencederai citra demokrasi.

“Anggota panwas kecamatan harus senantiasa menjaga integritas, netralitas, dan kredibilitas,” katanya.

Bupati meminta kepada seluruh komponen masyarakat termasuk, bawaslu, KPU, pemerintah daerah, jajaran TNI, Polri, dan yang lainnya untuk tetap bersinergi dalam mewujudkan pilkada yang aman serta kondusif.

Ia berkomitmen akan mendukung penuh tugas dari bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 baik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun SDM.

“Tentu kami akan mendukung penuh, termasuk sarana dan prasarana, juga tidak lepas terkait dengan SDM,” katanya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!