IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

SAR Pariwisata Dibentuk Untuk Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG— Tim Search And Rescue (SAR) Pariwisata Kabupaten Magelang akan segera dibentuk. Hal ini sebagai salah satu respon ditetapkannya Borobudur sebagai destinasi superprioritas.

Dengan penetapan tersebut, destinasi superprioritas tentunya membutuhkan keamanan yang lebih ekstra.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan tim SAR akan dibentuk ketika fasilitas sudah terpenuhi. Salah satu yang saat ini sedang diurus adalah kantor untuk penempatan SAR Magelang nantinya.

“Dalam pertemuan kemarin, Nur Yahya, Kepala Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang (Basarnas Jateng) sudah berkoordinasi dengan kami. Hal ini untuk pencarian tempat bagi tim SAR tersebut. Mereka minta difasilitasi dulu sebelum tim SAR dibentuk,” terang Edy (9/9/2020).

Rencana pembentukan tim SAR ini, lanjutnya sebenarnya bukan hanya untuk sektor pariwisata namun untuk SAR secara umum. Namun karena Candi Borobudur ditetapkan menjadi Kawasan Startegi Pariwisata Nasional (KSPN), maka SAR Pariwisata akan dibentuk.

“Dengan ditetapkannya Candi Borobudur tersebut maka standar keamanan harus tinggi sehingga pengunjung saat berwisata merasa terlindungi dari ancaman bencana. Peningkatan kapasitas, memperluas peran untuk penanggulangan bencana menjadi hal yang penting dilakukan,” ujar Edy

Lebih lanjut, Edy menjelaskan nantinya penyebutan tim SAR akan menggunakan istilah yang berbeda. “Ini SAR secara umum, bukan hanya untuk SAR pariwisata. Dan sekarang menggunakan istilah pertolongan dan pencarian,” ujarnya.

Loading...

Basarnas Jateng menargetkan pembentukan dan fasilitas untuk tim SAR, Januari tahun depan sudah rampung. Mengingat Magelang menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana tinggi.

Edi juga mengungkapkan program SAR Pariwisata ini nantinya tidak hanya fokus di Candi Borobudur saja. Namun di seluruh destinasi wisata di Kabupaten Magelang.

“Besok para pengelola tempat wisata juga akan dibekali dengan pelatihan SAR. Jadi bisa menunggu wisatawan dan bisa mengatasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, sebelum SAR tingkat atasnya turun,” pungkasnya. (magang/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: