Satlantas Polres Magelang Akan fasilitasi SIM Bagi Disabilitas

BNews-MUNGKID- Beberapa komunitas Disabilitas Kabupaten Magelang melakukan audensi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Magelang hari ini (26/9). Sebanyak 25 orang penyandang difable langsung ditemui Kasat Lantas Didik Dewantara di aula Polres Magelang.

 

Kedatang mereka kali ini ingin mempertanyakan soal kelengkapan berkendara bagi kaum disabilitas khususnya di Magelang. Kelengkapan tersebut yakni Surat Ijin Mengemudi (SIM) khusus penyandang disabilitas.

Kasat Lantas AKP Didik Dewantoro menegaskan bahawa pihak lantas siap membantu sesuai prosedur undang-undang Nomor  22  Tahun  2009. “Dalam audensi tadi harapan mereka kami dari jajaran lantas Polres Magelang memberikan informasi soal SIM Khusus Difable karena mau bagaimanapun mereka memilik hak yang sama,” katanya.

“Mereka juga ikut membantu pemerintah dan jajaran lantas dalam memwujudkan program kamseltib satlantas serta mereka juga menggunakan kendaar tersebut untuk aktivitas perekonomian sehari-hari,” imbuhnya.

“ Kami besok akan fasilitasi untuk memperoleh SIM D untuk pengendara sepeda motor dan mobil tetapi pesrsyaratan soal tes kesehatan, teori dan praktek tetap ada sesuai undang-undang,” paparnya.

Untuk ujian praktek sendiri nanti penyandang disabilitas menggunakan kendaraannya sendiri.”Produksi untuk kendaraan disabilitas belum ada, kita juga tidak punya unitnya, sehingga harus memakai motor sendiri,”terangnya.

“Saya harap walau nanti kita keluarkan SIM D untuk para penyandang disabilitas dengan catatan lulus semua syaratnya untuk sepeda motornya harus disesuaikan dan tetap tertib aturan lalu lintas,”pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: