Wali Kota Magelang Ajak Pemilih Pemula Tak Takut Bicara Politik

BNews—MAGELANG— Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengajak pemilih pemula untuk tidak takut berbicara politik asalkan tidak menjelekkan dan menjatuhkan pihak lain. Generasi muda yang menjadi pemilih pemula saat ini adalah penentu masa depan politik di Indonesia dan di Kota Magelang khususnya.

“Jangan takut bicara tentang politik, selama tidak menjelekkan pihak lain. Tetapi fokus bagaimana membuat perubahan yang lebih baik,” kata Aziz, saat menjadi narasumber Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di Pendopo Pengabdian Magelang, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, pemilih pemula harus cerdas memilih partai politik yang kredibel dan memilih calon pemimpin yang memiliki track record bagus. Begitu juga dengan level pendidikan dan akhlak yang baik.

“Politik identitas tidak boleh dan tidak ditonjolkan. Generasi muda yang menentukan politik di Indonesia, siapa yang dipercaya maka dia yang akan menjadi pemimpin,” ujarnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, Agus Satiyo Haryadi menjelaskan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula ini bertujuan memberikan pengetahuan pendidikan politik bagi generasi muda. Khususnya pemilih pemula pada pemilu serentak 2024 dalam upaya peningkatan kapasitas dan karakter kebangsaan sekaligus meningkatkan partisipasi politik di Kota Magelang.

“Kemudian, sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran politik bagi pemilih pemula agar lebih cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu, hoaks atau kabar bohong dalam menentukan pilihannya” jelasnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan partisipasi politik bagi pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya dengan baik sehingga pada pemilu 2024 angka golput bisa berkurang.

Para peserta sosialisasi kali ini adalah siswa SMAN 2 Magelang sebanyak 200 orang. Selanjutnya, pada Selasa (15/11/2022) sosialisasi diikuti siswa dari SMAN 1 Magelang di Pendopo Pengabdian. Lalu SMAN 4 Magelang pada Rabu (16/11/2022), SMAN 3 Magelang pada Kamis (17/11/2022), dan SMAN 5 Magelang pada Kamis (1/12/2022). Setiap sekolah diwakili 200 orang di aula sekolah masing-masing.

“Total sasaran kegiatan ini sebanyak 1.000 orang. Dengan narasumber Wali Kota Magelang, KPU dan Bawaslu Kota Magelang, serta akademisi dari Untidar Magelang,” imbuh Agus.

Anggota KPU Kota Magelang Divisi Sosdiklih & Parmas Bambang Sarwodiono serta Ketua Bawaslu Kota Magelang Endang Rahayu berkesempatan menjadi narasumber pada acara tersebut.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kota Magelang, Joko Tri Haryanto menyampaikan terima kasih karena telah mengajak serta siswa-siswanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Joko menyebut, sosialisasi ini penting guna memberikan bekal ilmu tentang politik bagi pelajar yang merupakan pemilih pemula.

“Kami merasa luar biasa karena telah diundang kesini. Anak-anak dapat ilmu valid dari narasumber yang luar biasa pula tentang politik. Saya harap anak-anak memperhatikan dan mencermati,” ucap Joko. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!