SDN Permitan 1 Mertoyudan Kekurangan Pengajar, Dua Pensiunan Guru Kembali Mengajar

BNews—MERTOYUDAN—Sekolah Dasar Negeri (SDN) Permitan 1 Mertoyudan di Kabupaten Magelang diketahui kekurangan tenaga guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat ini, sekolah tersebut hanya memiliki dua guru PNS, dua Guru Tidak Tetap (GTT) dan beberapa guru honorer untuk mengajar 162 siswa.

Dua guru berstatus PNS yang ada sekarang ini juga mendekati purna. Ia adalah Kodirin yang pensiun tahun 2021 dan Sumartiningsih pada 2022. Bila keduanya pensiun atau tidak ada penambahan guru, bisa hampir dipastikan ratusan siswa akan terancam terlantar.

Kodirin yang juga menjabat sebagai Kepala SDN Permitan 1 mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Bila ia dan Sumartiningsih purna, maka seluruh pengajar adalah berstatus honorer.

”Padahal terlalu banyak guru honorer akan menambah beban BOS (Bantuan Operasional Sekolah) sebagai honor mengajar,” ujar Kodirin, Kamis (22/10).

Beruntung, dua guru yang sebenarnya sudah pensiun sebagai PNS secara sukarela kembali untuk mengajar karena tidak tega meninggalkan para siswa. Meskipun selama pandemi ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Mereka adalah Eko Umi Susairti, mantan guru kelas 1 yang pensiun 1 Juli 2020 dan Agus Indaryanto, mantan guru olahraga yang purna Agustus kemarin. Kodirin mengaku, mereka akan tetap mengajar hingga mendapatkan guru pengganti.

”Keduanya saat ini juga berusaha mencarikan guru pengganti. Saat ini satu guru kelas mengajar 25 siswa,” terangnya.

Loading...

Ia berharap, pemerintah Kabupaten Magelang mau membantu kesulitan yang dialami. Yakni dengan segera memberikan tenaga pendidik yang proporsional dengan status PNS.

”Tentu saja harapan kami pemerintah dapat segera menempatkan guru PNS di sekolah kami untuk menggantikan guru yang telah purna tugas,” harapnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: