Sinergi Pemkot dan Kodim 0705 Magelang Sukseskan Program Rehab RTLH

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota Magelang dan Kodim 0705 Magelang berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, salah satunya kebutuhan rumah layak huni. Keduanya bersinergi untuk mensukseskan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH)

Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Larsita mengungkapkan, perumahan rakyat dan kawasan permukiman adalah salah satu urusan wajib pemerintah daerah yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Amanah tersebut berangkat dari undang-undang dasar tahun 1945 pasal 28h ayat 1.

“Sejak tahun 2019 hingga tahun 2021, sebanyak 761 unit rumah telah mendapatkan bantuan swadaya rehab rumah tidak layak huni dari dana alokasi khusus bidang perumahan, BSPS pusat, serta dana APBD Kota Magelang,” jelas Larsita, membacakan sambutan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz di Gedung Prajurit Kodim 0705 Magelang, Jumat (4/11/2022).

Upaya tersebut adalah bentuk komitmen Pemkot Magelang untuk meningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dengan berupaya menyediakan rumah layak huni. Yakni rumah yang memenuhi aspek keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan, serta kesehatan penghuni.

Upaya lain yang dilakukan adalah  menyediakan rumah susun sewa (rusun sewa) dan rumah khusus (rusus), juga berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Kota Magelang.

“Alhamdulillah, ikhtiar tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Kodim 0705 Magelang yang memberikan dukungan dalam proses pembangunan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni pada anggaran penetapan, lewat program karya bakti Kodim 0705 Magelang,” paparnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kodim 0705 Magelang, juga kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dinas dan unit kerja terkait, juga seluruh tenaga fasilitator lingkungan yang telah memfasilitasi masyarakat dalam membangun rumah layak huni.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

“Tak lupa juga kami sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada warga masyarakat, organisasi, dan komunitas yang telah turut berswadaya. Mudah-mudahan jalinan kemitraan yang sinergis ini dapat terus dijaga untuk mengantar Kota Magelang pada kehidupan yang semakin sejahtera lahir dan batin,” papar Larsita.

Dandim 0705 Magelang, Letkol Arm Rohmadi mengungkapkan, salah tujuan sinergi ini adalah untuk mensejahterakan rakyat. Ini sejalan dengan Sapta Marga TNI, yang salah satunya adalah sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan masyarakat sekelilingnya.

“Dari dasar itu, di Kota Magelang, kami dengan Pemkot Magelang mengadakan program karya bakti yang salah satunnya rehab RTLH. Program ini disinergikan dengan visi misi Kota Magelang yaitu maju, sehat dan bahagia,” ucap Rohmadi.

Program kali ini adalah tahap kedua, sebelumnya telah rehab RTLH di Kampung Gumuk Sepiring. Saat ini masih ada 128 unit RTLH di Kota Magelang, 20 unit sudah selesai dan sisanya masih berjalan. Pihaknya mengerahkan 20-25 tim untuk mengerjakan sasaran rehab RTLH. “Sebelum tutup buku akhir tahun ini diharapkan bisa selesai. Kami akan bekerja maksimal sesuai amanat undang-undang,” tandas Rohmadi. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!