Bencana Kekeringan Mulai Melanda Sebagian Wilayah Magelang

BNews–BOROBUDUR– Meskipun beberapa hari hujan turun di beberapa wilayah Magelang, BPBD Kabupaten Magelang masih mendistribusikan bantuan air bersih. Mereka melakukan droping ke wilayah Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Grabag.

Untuk wilayah Kecamatan Borobudur, mereka mendistribusikan ribun liter air bersih di Desa Karanganyar. Air yang didistribusikan baik langsung ke bak-bak tandon yang masing-masing ukuran 1.000 liter dan ada juga yang kepada masyarakat.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan pendistribusian air bersih menggunakan kendaraan tangki. Dimana setiap tangki masing-masing berisi sekitar 5.000 liter air bersih.

“Dari kendaraan tangki, air ada yang langsung dimasukkan ke bak-bak penampungan atau tandon yang ada di beberapa lokasi di tepi jalan maupun di tengah perkampungan warga. Untuk setiap tandon atau bak penampungan rata-rata berisi 1.000 liter,” katanya.

Tidak hanya di Desa Karanganyar, beberapa kampung yang dekat dengan lokasi pendistribusian yang masuk wilayah Desa Giri Tengah Borobudur juga ikut mendapatkan air bersih. “Ada beberapa warga juga menyediakan ember berbagai ukuran di tepi jalan. Dimana jalan tersebut dilintasi kendaraan tangki BPBD Kabupaten Magelang agar memudahkan proses pengisian air bersihnya,” imbuhnya.

Sementara beberapa warga setempat mengaku sudah beberapa hari terakhir debit air di sumur tradisional yang ada mulai berkurang. Bahkan mengalirkan hanya di pagi hari, sedang di siang hari airnya sudah habis atau sumurnya kering.

“Kalau untuk mandi atau mencuci pakaian dapat dilakukan di aliran sungai, yang berjarak beberapa meter dari rumah warga. Selain dari BPBD Kabupaten Magelang, pengiriman air bersih juga dilakukan relawan,” ungakp salah satu warga, Sobirin. (*/her)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: