Sebelum Menemui Dokter, Berikut Pertolongan Pertama saat Sakit Tenggorokan

BNews—KESEHATAN— Sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan yang umum yang pernah dialami banyak orang, mungkin kamu termasuk salah satunya.

Meskipun bukan masalah serius, tetapi tenggorokan yang terasa gatal, suara serak, dan nyeri setiap kali menelan ludah saat sakit tenggorokan tentu bisa membuat kamu merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Namun, jangan khawatir. Pada kebanyakan kasus, sakit tenggorokan bisa diatasi sendiri tanpa perlu pergi ke dokter.

Yuk, simak langkah pertolongan pertama apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan:

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam yang hangat adalah cara alami yang cukup efektif untuk membantu meredakan tenggorokan yang gatal. Selain itu, garam juga bisa menarik lendir keluar dari jaringan yang bengkak dan meradang sehingga bisa mengurangi ketidaknyamanan pada tenggorokan kamu.

Cara membuatnya, campurkan ¼ sampai ½ sendok teh garam dengan 100–200 mililiter air hangat, lalu aduk hingga garam larut. Kemudian, berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa detik, lalu keluarkan. Ulangi cara ini beberapa kali setiap hari.

Makan Permen Pelega Tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas mengandung mentol, bahan yang bisa menenangkan jaringan di tenggorokan kamu dengan lembut. Itulah mengapa menghisap pelega tenggorokan bisa memberi kamu kelegaan sementara dari sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan. Dalam keadaan darurat, permen biasa juga memiliki efek yang sama.

Permen dan obat batuk bisa meningkatkan produksi air liur kamu, sehingga membantu menjaga tenggorokan kamu tetap lembap. Namun, kedua hal tersebut tidak akan meredakan sakit tenggorokan seefektif dan selama permen pelega tenggorokan. Jadi, kamu mungkin perlu mengonsumsinya berulang kali. Ingat, hindari memberikan permen pelega tenggorokan dan obat batuk pada anak-anak karena bisa membuatnya tersedak.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penyebab sebagian besar sakit tenggorokan adalah virus. Jadi, masalah kesehatan tersebut tidak bisa diobati dengan antibiotik, karena obat tersebut hanya bermanfaat untuk membunuh bakteri.

Namun, kamu bisa coba mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen atau naproxen yang bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan kamu. Obat-obatan tersebut juga bisa meredakan rasa sakit dan gatal.

Nikmati Teh Madu Hangat

Saat sakit tenggorokan, cobalah untuk menikmati secangkir teh hangat yang dicampur dengan madu. Cara ini sangat membantu untuk menenangkan tenggorokan kamu yang sedang teriritasi. Teh juga bisa membuat kamu tetap terhidrasi yang penting untuk mengobati sakit tenggorokan. Pilihlah teh hijau yang berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, dan sumber antioksidan yang baik dan membantu mengurangi peradangan.

Minum Banyak Cairan

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci penting untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya, ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh kamu tidak bisa menghasilkan air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap secara alami. Hal itu bisa memperburuk pembengkakan dan peradangan. Jadi, minumlah banyak cairan agar kamu bisa cepat sembuh dari masalah kesehatan yang mengganggu tersebut.

Selain air putih, teh hangat dan sup hangat juga merupakan pilihan minuman yang baik. Namun, hindari meminum teh panas dan sup panas karena bisa memperparah sakit tenggorokan.

Mandi Air Hangat

Menghirup uap saat mandi dengan air hangat bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan. Cara lain selain mandi air hangat yang juga bisa kamu lakukan adalah rebus air dalam panci selama 30 menit untuk meningkatkan kelembapan di rumah kamu. Lalu tambahkan satu sendok makan salep mentol ke dalam air mendidih untuk menghasilkan udara dengan aroma mentol dekongestan.

Bila cara-cara di atas tidak mampu untuk mengatasi sakit tenggorokan kamu, coba tanyakan saja pada dokter mengenai pengobatan apa yang bisa dilakukan. (*)

Sumber: Halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: