Sejarah Hari Ini (2007), Pesawat Garuda Terbakar di Jogja dan Tewaskan 21 Penumpang

BNews—JOGJA— Peristiwa kelam di dunia penerbangan Indonesia pernah terjadi 2007 silam. Maskapai penerbangan terbaik di Indonesia Garuda mengalami kecelakaan parah dan menewaskan 21 penumpangnya.

Peristiwa ini terjadi pada 7 Maret 2007 silam. Atau tiga belas tahun yang lalu. Saat itu, Pesawat GA 200 gagal mendarat sempurna di Bandara Adisutjipto Jogjakarta.

Kejadian ini menewaskan setidaknya 21 orang penumpang di dalamnya, termasuk seorang tokoh, mantan rektor Universitas Gadjah Mada, Koesnadi Hardjasoemantri.

Jenazah para korban ditemukan hangus di bangkai pesawat dan dievakuasi untuk diperiksa oleh Tim Laboratorium Forensik Rumah Sakit Umum Dr Sardjito, Universitas Gajdah Mada Yogyakarta.

Menurut sejumlah sumber, kecelakaan bermula ketika pesawat yang dikemudikan oleh Captain Marwoto Comar ini tidak bisa mendarat dengan sempurna. Pesawat melaju dengan kecepatan terlalu tinggi sesaat sebelum mendarat.

Pesawat dari Jakarta ini tiba tiba memercikkan api ketika roda menyentuh landasan pacu. Asap dan api kemudian membesar.

Loading...

Pesawat pun akhirnya semakin sulit dikendalikan. Pilot memutuskan mendaratkan pesawatdi lahan gabut setelah manabrak pagar pembatas bandara.

Di lahan kebun kacang itu, pesawat berhenti dalam kondisi terbakar. Tak lama kemudian, terjadi ledakan besar.

Puluhan awak berhamburan ke arah ujung landasan, termasuk sejumlah mobil pemadam kembarkan dan ambulans.  Sekitar dua atau tiga menit dari saat mendarat, terdengar letusan keras dan pesawat pun diselimuti api.

Kejadian ini kemudian menjadi bahan pemberitaan di seluruh media nasional juga luar negeri. Pesawat terbakar dan sang pilot diadili di pengadilan meski akhirnya dibebaskan dari segala tuntutan. (her/wan)

Kaos Deglang
1 Comment
  1. […] Baca juga: Sejarah Hari Ini Pesawat Garuda Terbakar di Jogja dan Tewaskan 21 Penumpang […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: