Sejumlah Parpol Gugat Hasil Pemilu di Magelang, Berikut Daftarnya

BNews— MUNGKID— Sejumlah partai politik peserta pemilu melakukan gugatan hasil pemilihan umum di Kabupaten Magelang. Setidaknya ada enam partai yang mengajukan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Kabupaten Magelang Dwi Endys M, kemarin. Dia menyebut parpol yang mengajukan PHPU adalah PDI Perjuangan, Nasdem, PAN, PPP, Berkarya dan Demokrat.

Advertisements


Pihaknya mengatakan sidang akan digelar pada 1 juni mendatang di MK. Pihaknya mengaku sudah menyiapkan semua data terkait gugatan itu.


Ditanya materi gugatan yang diajuka, Endys mengatakan diantaranya ada selisih perolehan suara yang tercatat di form C1 dan DAA1. “Semisal di TPS A, data di C1 sebanyak 0, tetapi di DAA1 ternyata ditulis dua suara. Begitu kita cek betul ternyata salah nulis saksinya mereka. 10 gugatan ini yang ipermasalahkan, tapi kita sudah mengumpulkan C1-nya,” kata Endys.

Dari enam parpol yang melakukan gugatan, hanya nasdem yang sudah menyebut lokasi yang diduga ada kecurangan. Ada 10 TPS yang dilaporkan Nasdem yakni  TPS 13 Pabelan, TPS 3 Grabag, TPS 12 Banyusari, TPS 2 Banjarsari, TPS 6 Sugihmas, TPS 2 Mertoyudan, TPS 25 Kalinegoro, TPS 8 Banyurojo, TPS 4 Kaliangkrik.

Dia mengatakan gugatan sendiri diajukan atas hasil Pilpres, dan Pileg. Di Kabupaten Magelang sendiri gugatan hanya pada Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. (bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: