Sejumlah Tower Telekomunikasi Tak Berijin Ditertibkan Pemkab Magelang

BNews–MUNGKID-– Sejumlah tower di wilayah Kabupaten Magelang ditertibkan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang bersama jajaran instansi pagi tadi (22/6/2020). Mereka tergabung dalam Tim Pengawasan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi (TP2MT).

Tower atau menara telekomunikasi yang belum berizin yang ditertibakan berada di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Magelang. Dari tinjauan lapangan, sebanyak enam tower di wilayah Kecamatan Borobudur, Mertoyudan dan Kaliangkrik dipastikan belum berizin.

“Tim melakukan pemasangan tanda bahwa menara tersebut belum berizin. Selanjutkan akan dikirimkan surat pada vendor pembangunan menara,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana, Senin (22/6/2020).

Dijelaskannya juga, sebanyak dua menara telekomunikasi di Desa Tuksongo dan Karanganyar Kecamatan Borobudur didapati berada pada SP-2 KSN Borobudur. Sehingga segala bentuk perizinan harus mempertimbangkan rekomendasi dari Balai Konservasi Borobudur.

“Selanjutnya tower di Desa Tuksongo Borobudur lokasinya berada pada sempadan sungai sehingga tidak memungkinkan untuk direkomendasi (perizinannya),” lanjut Endra.

Sementara untuk tower di Desa Kalinegoro dan Bulurejo Mertoyudan berada pada kawasan permukiman sehingga memungkinkan untuk direkomendasi. Namun tetap dengan memenuhi persyaratan dan kajian teknis lebih lanjut mengenai kelaikan bangunan.

“Terakhir, menara di Desa Beseran Kaliangkrik berada pada sempadan mata air sehingga tidak memungkinkan untuk direkomendasi,” imbuhnya.

Loading...

Endra mengungkapkan, secara umum para pemilik menara telekomunikasi tersebut melanggar Perda Kabupaten Magelang Nomor 6 Tahun 2013. Hal itu tentang Pembangunan, Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi.

“Kami tegaskan agar para pemilik tower agar mengurus izin terlebih dahulu. Jika IMB belum turun, pengerjaan tower jangan dibangun dahulu sesuai aturan Perda dan Perbup Magelang,” tegasnya.

Kegiatan ini akan masih terus berlanjut hingga 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. “Kami akan sisir seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang. Kita akan cari tower atau menara telemomunikasi yang belum atau tidak berijin,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: