Sel Tahanan Polres Magelang Lebihi Kapasitas

BNews–MUNGKID– Keberhasilan Polres Magelang mengamankan sembilan pelaku kejahatan selama operasi sikat candi 2020 membuat sel tahanan mereka melebihi kapasitas. Hal ini disampaikan Waka Polres Magelang Kompol Aron Sebastian kemarin (3/8/2020).

“Sebenarnya kita sudah over capacity karena terdapat 52 tahanan. Padahal kapasitas kita hanya untuk 25 orang,” katanya saat diwawancarai awak media.

Ditanya terkait solusi dalam masa pendemi covid-19 ini, Aron menyampaikan bahwa tidak diberlakukan besuk tahanan dari keluarga.

“Untuk kebersihan dan kesehatan selalu kita awasi dengan ketat. Termasuk petugas kami yang jaga tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk membatasi jarak dengan tahanan di dalam,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Aron bahwa mereka (Red:tahanan) selalu harus olah raga dan menjaga kebersihan diri dan ruangannya masing-masing.

“Dan yang jelas menjaga imun mereka dengan makan yang teratur dan pemberian vitamin,” ujarnya.

Untuk jaga jarak antar tahanan, Aron menjelaskan bahwa didalam tahanan mau tidak mau harus tetap menerapkan protokol kesehatan yakni jaga jarak.

Loading...

“Ya mereka menjaga dan mengaturnya saat aktivitas di dalam tahanan. Karena dalam sel tahanan kita terdapat kegiatan lain seperti berjemur, namun tidak ada kontak fisik,” jelasnya.

Dan perlu diketahui juga, Aron menyampaikan bahwa setiap tahanan pasti dilakukan rapid test terlebih dahulu sebelum masuk ke sel tahanan. “Initinya kita cek dulu kesehatannya, jangan sampai mereka membawa penyakit khususnya covid yang mewabah di dalam tahanan. Dan Alhamdulillah sejauh atau sejak awal pandemi ini sebanyak 52 kali Rapid Test kepada 52 tahanan tidak ada yang reaktif,” paparnya.

Untuk solusi over kapasitas tersebut, pihak jajaran Polres Magelang menunggu dari pihak pengadilan. “Nanti kalau proses tahanan di pengadilan sudah sampai A3 akan kita titipkan ke Lapas,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: